Tempat Wisata Nusa Lembongan dan Ceningan
AdventureBali

7 Tempat Wisata Nusa Lembongan dan Ceningan

By on October 3rd, 2017

Melanjutkan cerita perjalanan kami sebelumnya ke Nusa Penida, setelah puas explore Nusa Penida, kami meluncur ke Nusa Lembongan. Kami sendiri sudah pernah ke Nusa Lembongan waktu Lala berumur 4 bulan waktu itu, jadi kali ini cerita tempat wisata Nusa Lembongan dan Ceningan gabungan perjalanan kami sama Lala dulu 4 bulan dan juga perjalanan bulan lalu bersama kakek nenek saat Lala 3 tahun ya :)

Jadi, ada tempat wisata apa aja di Nusa Lembongan dan Ceningan ? Berikut ini ada 7 tempat wisata Nusa Lembongan dan Ceningan yang menurut kami wajib Anda kunjungi.

Tempat Wisata Nusa Lembongan dan Ceningan

1. Mangrove Tour Nusa Lembongan

Nusa Lembongan mempunyai hutan mangrove yang luasnya hampir sepertiga luas pulau kecil ini. Berbeda dengan kebanyakan wisata hutan mangrove, yang biasanya dibuat jalan setapak kayu, untuk menjelajah hutan mangrove di Nusa Lembongan ini kita harus menggunakan perahu, kano atau stand up paddle di aliran sungai menuju muara. Sensasinya sungguh berbeda karena kita bisa duduk di perahu sambil mengambil gambar dan menikmati suasana tenang di dalam hutan mangrove ini — sensasi ngeri-ngeri sedap perahunya kebalik gitu deh, haha.. Anda bisa juga memilih untuk menjelajah sendiri menggunakan kano atau stand up paddle.

Satu perahu bisa membawa maksimal 4 orang dewasa dengan biaya Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 150.000 per perahu dengan durasi kurang lebih 20 sampai 30 menit mengelilingi hutan mangrove ini. Kami menyarankan Anda untuk melakukan mangrove tour ini di pagi hari karena lebih sepi, jadi lebih bagus bila hendak berfoto ria tanpa terganggu banyak perahu yang mondar-mandir di belakang Anda. Selain untuk wisata, kawasan ini juga seringkali dijadikan lokasi pengambilan gambar pre wedding.

Mangrove Tour Nusa Lembongan

Mangrove Tour Nusa Lembongan

2. Dream Beach Nusa Lembongan

Di sekeliling Pulau Nusa Lembongan terdapat banyak sekali pantai, dan salah satu pantai favorit kami di Nusa Lembongan adalah Dream Beach. Lokasinya agak terpencil di sisi barat pulau, dan waktu itu jalan ke sini masih jalan setapak. Di pantai ini terdapat sebuah resort yang lokasinya tepat berada di sisi pantai. Pasir di Dream Beach ini akan sangat menggoda Anda, karena warnanya yang putih bersih dan dipadukan dengan warna biru laut, walaupun terkadang ombak di sini cukup besar, berenang atau bermain air di sini cukup menyenangkan.

Dream Beach

Dream Beach

3. Yellow Bridge

Jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan ini adalah salah satu tempat wisata Nusa Lembongan dan Ceningan yang ikonik. Selain karena memang fungsinya sebagai jalur transportasi, pemandangan dari jembatan ini juga sangat indah. Jembatan yang hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki atau sepeda motor ini sempat roboh pada tahun 2016, saat itu sedang berlangsung upacara adat di Nusa Lembongan dan Ceningan dan jembatan saat itu melebihi kapasitas maksimal sehingga roboh, dan baru selesai diperbaiki pada awal tahun 2017 lalu.

Saat kami menyebrang dari Nusa Penida ke Nusa Lembongan, kami mendarat di Jembatan Kuning ini, area jembatan ini memang cukup ramai dengan perahu baik untuk wisata maupun transportasi dari dan ke Nusa Penida. Dulu di sekitar Jembatan Kuning ini banyak terdapat petani rumput laut, kita bisa melihat perahu-perhu yang berjajar rapi milik para petani ini dan juga terdapat tempat pengembangan produk rumput laut seperti dodol dan es krim, tetapi sekarang karena perubahan cuaca dan suhu air laut, perairan di sekitar Jembatan Kuning ini tidak bisa lagi ditanami rumput laut.

Yellow Bridge

Yellow Bridge

4. Blue Lagoon Nusa Ceningan

Blue Lagoon ini adalah sebuah teluk yang teletak di Nusa Ceningan, teluk ini sudah lama dikenal sebagai salah satu destinasi ikonik Nusa Ceningan. Blue Lagoon ini dulu terkenal sebagai lokasi cliff jumping (loncat dari tebing ke laut), walaupun saat terakhir kami ke sana, aktivitas ini sudah dilarang untuk dilakukan di Blue Lagoon karena alasan keamanan. Nah saat ini kita masih bisa melihat sisa-sisa lokasi cliff jumping tersebut dan berdiri di sisi tebing sambil merasakan sensasi ketinggian. Saat ini ada atraksi uji adrenalin baru di Blue Lagoon ini setelah dibuat jalur flying fox yang melintas di atas teluk ini sejauh 100 meter dengan ketinggian sekitar 30 meter.

Blue Lagoon Nusa Ceningan

Blue Lagoon Nusa Ceningan

5. Ceningan Cliff

Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Gamat Bay dan Nusa Penida dari Nusa Ceningan, karena teletak di bukit yang cukup tinggi dan tepat menghadap Gamat Bay yang terlihat sangat tenang. Di bukit ini terdapat warung makan yang cukup nyaman untuk beristirahat, kita bisa cukup lama menghabiskan waktu di sini sekaligus makan siang atau menikmati snack sore.

Ceningan Cliff

Ceningan Cliff

6. Devil’s Tear

Devil’s Tear adalah sebuah gugusan karang yang terkena deburan pecahan ombak kencang dari arah laut dan menghasilkan percikan air yang besar ke arah langit, seperti water blow (klik link tersebut untuk baca artikel selengkapnya) di Nusa Dua. Sensasi menikmati deburan ombak di sini seru-seru ngeri juga sih, karena selain terkadang deburan ombaknya cukup kencang dan menghasilkan suaran yang cukup besar. Kami sendiri tidak berani untuk berdiri dekat dengan deburan ombak di sini, apalagi kalau sambil gendong Lala — yang ini bukan ngeri-ngeri sedap tapi ngeri-ngeri banget hehe :)

Devil's Tear

Devil’s Tear

7. Goa Gala-Gala

Nah, ini ada lagi tempat wisata Nusa Lembongan dan Ceningan yang unik banget, namanya Goa Gala-Gala. Goa ini adalah goa buatan, yang digunakan untuk meditasi, di dalamnya terdapat beberapa cerukan dan jalur termasuk pintu masuk dan keluar. Penerangan di dalam goa ini juga masih menggunakan obor, jadi bila Anda mencoba masuk ke dalam goa ini akan ada terasa sekali suasana magis-nya. Saya mencoba untuk masuk ke dalam goa ini (Diana ga bisa ikut kalo sambil gendong Lala, selain takut juga Lalanya liat apa-apa hehe), di dalamnya cukup banyak jalan bercabang dan saat itu cukup becek karena habis hujan, menurut pengelola goa ini, cukup banyak mereka yang melakukan meditasi di sini dan terkadang mereka bisa menghabiskan waktu berhari-hari di dalam goa.

Goa Gala Gala

Goa Gala Gala

Semoga ulasan kami mengenai tempat wisata Nusa Lembongan dan Ceningan ini bisa membantu Anda saat menjelajah di pulau kecil yang cantik ini :)

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com