Anak Sakit saat Traveling
Useful Tips

Anak Sakit saat Traveling, Harus Gimana?

By on February 26th, 2017

Anak sakit saat traveling, harus gimana? Postingan ini tidak akan membahas tentang “cara mencegah anak sakit saat traveling“, melainkan kalo udah kejadian (jatuh sakit).

Obat Anak yang harus Dibawa saat Traveling

Setiap kali traveling sama Lala, entah itu cuma jalan-jalan ke kota lain, roadtrip ke pedalaman, camping di alam, ataupun ke luar negeri, kami selalu membawa peralatan atau obat-obatan ini:

  1. Termometer
  2. Paracetamol / obat penurun panas yang biasa dipakai Lala, lengkap dengan rumusan tentang berapa ML yang harus diminum kalo tiba-tiba Lala panas.
  3. Hansaplast dan Betadine Stick
  4. Sisanya obat papa mama: obat anti mabok Antimo, dan obat demam Decolgen.

 

Anak Sakit saat Traveling

Ada beberapa jenis sakit yang mungkin diderita anak saat traveling. Tapi buat kami, sakitnya bisa digolongkan lagi: mana yang butuh obat, dan mana yang nggak.

Sakit yang Tidak butuh Obat

Terus terang, di rumah pun, Lala jarang minum obat untuk sakit-sakit ringat. Saat traveling, mungkin badan akan lebih capek, stamina lebih turun. Tapi kami tetap (kalo bisa) menjaga stamina Lala dengan tidak menyusun agenda yang terlalu padat (makanya kalo jalan sama anak, ga bisa cepet-cepeett haha), dan tetap memberikan asupan makanan dengan gizi yang lengkap. Namun, kalo sampai masih terjadi, kami usahakan tidak memberikan obat untuk sakit yang memang bisa sembuh dengan sendirinya, seperti:

  1. Batuk / pilek
    Ini sakit yang disebabkan virus, sehingga bisa sembuh dengan sendirinya dengan cara tidur cukup, asupan makan yang cukup, dan hati yang gembira. Rata-rata anak-anak akan ga terganggu dengan sakit ini, jadi kita juga ga perlu lebay, kecuali batuk / pilek berdahak yang ga sembuh-sembuh disertai gejala lain, yang mungkin bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius.
  2. Ga nafsu makan
    Saya paling males maksa-maksa Lala makan. Jadi kalo anaknya ga mau makan saat makan sudah tiba, biasanya coba dibujuk dulu sebentar. Kalo masih ga mau juga, kita kasih tau jadwal makan selanjutnya sehingga dia ga bisa minta makan kalo sebelum jadwal itu tiba. Kalo masih ga mau juga, yo weis, biasanya kami biarkan (sembari diam-diam dibekel makanannya, hahaha.. Soalnya rempong banget deh kalo tiba-tiba laper di tengah jalan-jalan kita lagi ke manaaa gitu). Jadi ga perlu pake vitamin macem-macem, nanti kalo laper juga anaknya minta makan kok, hahaha..

 

Sakit yang butuh Obat

Nah, kalo Lala sudah demam di atas suhu yang sewajarnya, agak panik dikit nih.. Tapi kalo anaknya rewel, bisa dikasih paracetamol yang sudah kita bawa itu. Biasanya 2-3 hari udah sembuh asal travelingnya ga terlalu capek dan makannya cukup banyak.

 

Sakit yang Perlu ke Dokter

Kemarin di Hong Kong, Lala muntah-muntah, dan ga ada makanan yang bisa masuk. Tiap kali minum air putih pun, pasti keluar lagi, huhuuuu.. Mama udah nangis-nangis sedih, khawatir, panik, kesel, gimana donngg.. Akhirnya hampir sehari semalem ga ada makanan yang bisa masuk, Lalanya udah lemess banget, kami langsung bawa ke dokter.

Waktu itu sih kata dokter kena virus, jadi dikasih obat via dubur, karena obat makan pasti akan dimuntahin lagi. Waktu itu dikasih 3 obat, tapiii, Lala ga mau minum! MATENG GAAAA.. huhuu.. stres abis!

Tapi, mama inget, karena ini akibat virus, jadi harusnya setelah ga muntah-muntah, Lala akan bisa sembuh asal istirahat cukup dan makan cukup. Kalo udah gini, makan apapun biasanya mama bolehin: biskuit, french fries, es krim pun boleh. Asal ada makanan yang masuk, apapun boleh!

Akhirnya, setelah di hotel terus seharian, makan juga makin banyak, Lala sembuh 2-3 hari kemudian. YEAY!

 

Hal Lain yang Dilakukan saat Anak Sakit

Nah, selain hal di atas, ada beberapa hal yang harus dilakukan waktu anak sakit saat traveling.

Cek ke Berbagai Sumber (Terpercaya)

Saat gejala Lala sakit kemarin mulai serius, mama mulai tanya sana sini:

  • Tanya ke temen dokter, kira-kira dicurigai gejala apa.
  • Habis itu, googling deh, liat apakah perkiraan diagnosanya cocok.
  • Tapi setelah itu, confirm lagi pergi ke dokter. Kalo diagnosa dokternya juga mirip / cocok, kita bisa tenang karena anak akan mendapatkan penanganan yang tepat.
  • Kalo dikasih obat pun, cek lagi googling, itu isinya apa saja dan apakah benar anak memang butuh obat itu. Maksudnya simple: jangan sampe obatnya ga tepat guna.

Siapkan Rencana Cadangan

Waktu Lala ga mau minum obat dan masih ogah-ogahan makan, mama udah langsung mikir kemungkinan terburuk, misalnya: harus opname di rumah sakit sana. Dengan begini, kita bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk, dan mencegah kepanikan bila kemungkinan itu memang harus terjadi.

Tetap Tenang

Maksudnya tenang, bukannya ga boleh nangis, karena nangis itu membantu banget lho. HUAHAHA.. Maksudnya, untuk tetap tenang itu, setelah menuangkan perasaan, kita harus bisa mengendalikan diri dengan cara: tarik nafas dalam, jauh dulu dari anak (misalnya ngungsi ke kamar mandi), mulai meruntut lagi peristiwa dan kira-kira jalan keluarnya gimana. Mudah sih ngomongnya, tapi susah prakteknya. Jadi kalo nanti kejadian, ya dinikmati aja lah hahaha..

Mengubah Itinerary

Bila anak sakit saat traveling, otomatis mereka akan butuh tidur seharian, jadi kita mungkin akan perlu mengubah itinerary yang sudah direncanakan, atau bahkan membatalkan beberapa bookingan hotel di tempat lain. Tapi anak pasti akan bosan dan jenuh kalo di kamar terus, jadi jalan-jalan sekitar hotel gak apa-apa asalkan anaknya ga lemes dan sudah cukup fit untuk jalan. Jalannya pun jangan jauh-jauh karena mereka cenderung akan cepet capek dan pengen pulang tidur lagi. Usahakan hindari tempat umum yang terlalu banyak orang dan berisiko tinggi tertular virus / bakteri / penyakit, seperti rumah sakit, stasiun kereta, terminal bis, pasar. Makanpun kalo bisa di kamar aja, jadi bisa pelan-pelan dan bisa sambil nonton TV jadi anak sambil terhibur juga, jadi ujung-ujungnya makannya bisa banyak hehe..

 

Semoga, yang lagi baca ini dan anaknya lagi sakit saat berlibur cepat sembuh ya.. Semoga yang lagi baca cuma untuk referensi, anaknya ga akan sakit yaa.. :)

 

Baca juga: How to Get Around Hong Kong

XO,
Diana
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com