Bali Zoo Review
BaliNature & Parks

Bali Zoo Review vs Bali Safari Marine Park

By on March 11th, 2016

Bali Zoo review kali ini tentang kunjungan kami ke Bali Zoo, mumpung dapet tiket diskon, hehe.. Secara umum sih, Lala cukup menikmati, tapi ada beberapa hal yang menjadi highlight kami selama di sana.

Bali Zoo Review

Variasi Binatang

Variasi binatang di Bali Zoo cukup banyak, yaitu sekitar 500 jenis binatang. Kebanyakan binatang berada dalam kandang, seperti layaknya kebun binatang di kota-kota.

Attraction di Bali Zoo

Show di sini ada 2 saja, yaitu:

  1. Exotic Bird Show
    Jam 11 AM & 3 PM
    Di area Animals Presentation dekat Petting Zoo. Gratis.
  2. Animal Encounters
    Jam 1 PM & 4 PM
    Di Restoran Elephant view
    Di show ini, kita bisa berfoto gratis dengan binatang yang dibawa oleh tim Bali Zoo. Saat kami berkunjung, kami berfoto dengan baby crocodile dan baby tiger. Urutan foto harus mengambil nomor antrian. Jadi, sebaiknya, buru2 mengambil nomor antrian dulu sekitar jam 11 atau saat masuk ke area Bali Zoo (karena restoran ini terletak di area dekat pintu masuk).
  3. Selain show, kita juga bisa memberi makan rusa di area Petting Zoo (jam 9AM hingga 5 PM) dengan membeli wortel dan sayuran seharga Rp.25.000,- di booth dekat area Petting Zoo.
  4. Feed the Animals, jam 9 AM hingga 4 PM. Di sini juga bayar lagi, tapi ga tau berapa. Kita dapat memberi makan karnivora seperti macan, buaya, atau herbivora seperti gajah. Agak-agak serem sih, makanya kita ga cobain haha..
  5. Pony Ride jam 10AM hingga 4 PM, tapi kami ga sempat naik jadi ga tau di mana dan berapa harganya.
  6. Elephant Ride, jam 9AM hingga 5.30 PM. Saat tanya staffnya, katanya bayar Rp.350.000,- per dewasa. Karena mahal, kami ga naik, jadi nonton aja dari Elephant View Restaurant.

Nah, terlihat ya, dari shownya, banyakan bayar lagi. Saat staffnya ditanya, ini shownya di mana, juga ga bisa jawab. Nanti kita bandingkan dengan Bali Safari di point di bawah ya..

Sebelnya, kita sering banget difoto, baik saat masuk di pintu masuk saat ketemu burung, animal encounter dll. Setelah difoto, kita akan dapet sejenis kupon gitu yang berisi nomor foto, dan bisa kita kasih ke counter foto kalo mau cetak dan beli fotonya. Kemarin pas saya tanya sih, fotonya mulai dari Rp.130.000,- -.-” Mahal ya, mungkin mereka memang cari uangnya di sini. Dan, yang paling penting lagi, ini ngabis2in kertas banget kuponnya. Kami sendiri dapat 8 kupon yang berisi nomor seri yang beda2. Pemborosan.

Restoran

Di sini terdapat 2 restoran yaitu:

  1. Wana Restaurant, di mana kita bisa makan sambil melihat singa melalui kaca.
  2. Elephant View Restaurant, di mana kita bisa menikmati gajah yang lewat atau sekedar minum.
Elephant View Restaurant Bali Zoo

Enjoy Our Meal with a View of Elephants

Harga makanannya cukup mahal, yaitu mulai dari Rp.80.000,- untuk per porsi makanannya. Harga minuman mulai dari Rp.25.000,-.

Miniapolis Jungle Waterplay

Nah, agak emosi nih kalo cerita yang satu ini. Jadi, semua paket Bali Zoo pasti sudah termasuk tiket masuk ke waterplay ini, tapi sebenarnya ini dalam management terpisah lho dari Bali Zoo. Jadi positifnya, kalo kita cuma mau ke waterplay, kita bisa saja cuma beli tiket ke Miniapolis Jungle Waterplay-nya tanpa bayar untuk Bali Zoo.

Nah, kita sudah beli 2 tiket dewasa utk Bali Zoo kan, di mana Lala memang masih free karena baru 18 bulan. Keselnya, setelah kita pikir tiket masuk Waterplay sudah termasuk dalam tiket yang kita beli, ternyata Lala (children above 1 year old) harus bayar! Lala baru 18 bulan, dan anak di atas 1 tahun sudah harus bayar coba yaaaa.. Anak di bawah 2 tahun paling bisa main apa sih? Slide juga masih dipegangin. Di kolam juga paling keciprak kecipruk. Makanya biasanya anak di bawah 2 tahun ga bayar lagi di manapun: transportasi, attaction, zoo, dsb. Harga Miniapolisnya untuk tiket dewasa Rp.25.000,- dan anak-anak Rp.60.000,-. Tapi ya udah, karena tanggung udah pengen berenang, jadi kita bayar yang Lala (karena yang kita memang sudah termasuk di tiket Bali Zoo).

Pas mau bayar, mba nya sudah bilang, “Ga boleh cancel ya Bu tiketnya kalo sudah beli?”. Errrr.., kan mulai curiga ya, jadi saya tanya lagi satu-satu sambil tanda tangan surat pernyataan kalo kecelakaan ga akan tuntut mereka:

Saya: “Ada loker kan?”
Mba: “Ada Bu, tapi bayar lagi Rp.10.000,-”

S: “Trus apalagi yang bayar?”
M: “Cabana bayar lagi Bu Rp.50.000,-. Cuma kursi aja yang gratis”

S: “Ok, terus ruang ganti?” –> udah mulai emosi kalo sampe bayar juga
M: “Ngga Bu, sudah termasuk”
S: “Ok deh kalo gitu saya jadi beli tiketnya”

EEEEEHH, abis udah bayar, dia langsung bilang gini:

“Oh ya bu, slidenya hanya untuk anak-anak ya, orang dewasa ga boleh naik”

Langsung deh itu memuncak emosinya, “APAAA?!” *zoom-in zoom-out*

“TRUS ANAK SAYA NAIK SLIDENYA SAMA SIAPA? PADAHAL ANAK SEUMUR DIA BAYAR TIKET LHO!” $&*#(%^*!&$!)$&!&*(#^@*%^*()&$(@!&*!^!

Sorry if I sound too emotional :( Tp gila itu mah emosinya udah ke.le.wat.an. Coba kalo dipikir-pikir ya: anak >1 tahun harus bayar, tapi klopun masih kecil ga bisa ditemenin naik slide oleh orang dewasa (emang si Lala bisa gitu, naik tangga trus slide sendiri tanpa cedera?), sedangkan kalo ada kecelakaan kita ga boleh nuntut dia. Please somebody, tell me where it makes sense? *nangis di pojokan*

Pantesan aja pake warning kalo sudah beli tiket ga bisa cancel.. -.-”

 

Bali Zoo vs Bali Safari

Jawabannya: Bali Safari. Hal ini karena beberapa alasan berikut:

  1. Staff lebih attentive, komunikatif, dan informatif. Kalo di Bali Safari, saat masuk, kita bisa tanya di information center, dan staffnya akan langsung jelasin “show ini jam sekian di sini, lalu ibu bisa ke show ini berikutnya jam sekian di sini..” sambil nandain peta. Kalo di Bali Zoo, boro2 , pas ditanya tempat Bird Show di kasirnya aja (ga ada information booth) masih bisik-bisik sama temennya dulu untuk cari tau. Sedangkan semua staff Bali Safari sudah well-trained, mulai dari receptionist, information center, hingga ke host animal show.
  2. Show & attraction di Bali Safari lebih banyak, lebih edukatif, dan lebih menghibur. Puas banget kalo mau satu hari full. Tapi kalo cuma setengah hari, mending ke Bali Zoo kayaknya..
  3. Secara keseluruhan, lebih murah di Bali Safari. Walaupun tiketnya terlihat lebih mahal, tapi kebanyakan show sudah ga bayar lagi. Makanan di restorannya juga cukup murah , mulai dari Rp.30.000,- an per porsi. Sebagai bandingan, kami makan di Bali Safari sekitar Rp.120.000-an, kalo di Bali Zoo sekitar Rp.220.000-an. Begitu juga dengan petting zoo, kalo di Bali Safari ga bayar lagi. Intinya, kalo dihitung2, kami menghabiskan lebih banyak uang di Bali Zoo, dengan tingkat kepuasan yang jauh lebih rendah. :)
  4. Waterpark Bali Zoo ngeselin, dan itu sudah pasti include di tiket, ga bisa kalo beli tiket Bali Zoo tapi ga beli tiket Miniapolis. Lebih puas mendingan ke waterparknya Bali Safari deh. Kolamnya jauh lebih gede, slidenya lebih banyak juga, dan ada kolam dalem juga untuk orang dewasa berenang.

 

Lokasi Bali Zoo

Bila dari arah Kuta, maka arahnya mengarah ke Ubud. Tepatnya di Jl. Raya Singapadu Banjar Seseh Sukawati Batuan Sukawati Gianyar Bali. Kalo pake GPS, bila langsung ketik “Jalan Raya Singapadu – Gianyar, Bali”, atau lihat di Google Map di link berikut:
Lokasi Bali Zoo

 

Harga Tiket Bali Zoo

Untuk lihat published rate, bisa di link ini. Untuk anak-anak, terhitung dari umur 2-12 tahun. Per tangga 8 Des 2016, harga resmi di bawah ini sedang diskon 15%. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu, jadi monggo cek website resmi mereka ya untuk konfirmasi harga :)

  • Zoo Admission (miniapolis + animal encounters & show+ insurance)
    Adult Rp.378.000,- / Child Rp.245.000,-
  • Zoo Explorer (Zoo Admission + Lunch)
    Adult Rp.756.000,- / Child Rp.580.500,-
  • Zoo Safer (Zoo Admission + Shuttle Express)
    Adult Rp.526.500,- / Child Rp.391.500,-
    Depart from Beachwalk Shopping Mall: 09.30 AM, 10.30 AM
    Return from Bali Zoo: 02.00 PM, 03.00 PM
  • Night at the Zoo (Hotel transfer + Dinner + insurance + hand feeding elephants & animal encounters, fire dance show)
    Adult Rp.972.000,- / Child Rp.675.000,-
    Pick up from Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Jimbaran at 4.30-5.00 PM
    Pick up from Sanur, Ubud at 05.00-05.30 PM
  • Paket lain di atas 1 juta, yaitu: Mahout for A Day, Zoo Keeper for A Day, Elephant Expedition, Elephant Safari.

Kemarin kami dapat harga promo di Groupon Indonesia, diskon Zoo Admission jadi cuma Rp.55.000,- untuk dewasa. Tapi promonya sudah habis.

 

Kesimpulan Bali Zoo Review

Kalo dari kami sih, untuk yang budgetnya terbatas, boleh lah ke Bali Zoo tapi bawa lunch sendiri aja. Itu kan areanya ga gitu besar, jadi bisa keluar dulu, makan di mobil terus masuk lagi kalo mau — walaupun kyy sih setengah hari juga udah selesai.

Tapi yang punya budget, bela2in aja ke Bali Safari dari jam 9.00-10.30 AM sudah nongkrong di sana, sampe sore jam 5 mau tutup baru pulang. Worth-it banget kok. :)

Baca di sini untuk review selengkapnya tentang Bali Safari & Marine Park
Bali Safari & Marine Park Review 2

 

Bali Zoo Park
Jl. Raya Singapadu Banjar Seseh Sukawati Batuan Sukawati Gianyar Bali, Bali 80582
Ph. (+62) 361 294357
Opening Hour: Everyday 9AM – 10PM
Lokasi Bali Zoo

 

Selamat belajar sambil bermain di kebun binatang ya! :)

 

This review post is based on our honest personal opinion, not a sponsored post or intended to sully any party.

XO, Diana
TAGS
RELATED POSTS
10 Comments
  1. Dimas Arif Budiman

    October 19, 2016

    Dear mba diana,

    Kalo bali safari sensasi nya sama gak dengan taman safari cisarua?
    Karena agak males juga kalo sama aja, jauh2 kesana eh feel nya sama aja

    Thanks mba

  2. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    October 19, 2016

    Halo Mba, beda mba feelnya, karena di Bali Safari ga boleh masuk bawa mobil sendiri. Jadi lebih kayak main di wahana permainan, bykan jalan kaki di dalemnya. :) Makasih sudah mampir ke blog kami ya Mba, semoga jawabannya membantu. Selamat jalan-jalan! :)

  3. latif

    December 8, 2016

    misi mbak mau nanya,

    saya kok baca di beberapa situs, katanya tiket masuk bali zoo sekitar 100rban ya? mohon infonya makasihh

  4. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    December 8, 2016

    Setau saya, di website lain sering ada diskon Bali Zoo, spt di Groupon misalnya. Mungkin harga 100.000an itu dari sana ya. :) Semoga jawabannya membantu..

  5. Primadita Rahma

    December 29, 2016

    Dear Kak Diana, terima kasih review-nya, sangat membantu sekali, akhirnya saya jadi ke Bali Zoo dan agak kecewa sih. This is my review: http://bit.ly/PrimaBaliZoo :)

  6. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    December 29, 2016

    Halo Prima, aku udah baca review kamu. Hahahaha iya jadinya sebentar banget yak? 😀 Bali Safari lebih seru sih, gedee, harus seharian dan smua dimaenin biar ga rugi! haha.. Salam kenal ya 😉

  7. aprilia

    May 4, 2017

    Halo Mbak Di, aku ada rencana ke Bali akhir tahun ini membawa anakku yang kira-kira umurnya akan 1 tahun. dan aku dilema sekali memilih antara Bali Zoo dan Bali Safari. Thank god, aku nemu blog mbak ini. Dan aku sudah menentukan pilihan utk ke Bali Safari. Thank you Mbak Di untuk reviewnya. Salam kenal.

  8. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    May 5, 2017

    Halo Mba Aprilia, seneng sekali blog kami bisa membantu mba untuk mutusin mau ke mana, haha.. Salam kenal juga, dan selamat senang-senang sama Si Kecil dan keluarga ya. :)

  9. Dian

    July 4, 2017

    Thanks mb Di… Alhamdulillah menguatkan pilihan. Btw.. Sense ke Bali Safari sama ke TSI Prigen sama aja ngga ya? Ada rekomendasi destinasi lainnya utk bayi 11mo ?

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com