Cara Menggunakan Uber Grab Taxi
CityTransportation

Cara Menggunakan Uber Grab Taxi, Cara Pesan, Cara Daftar

By on February 25th, 2016

Cara menggunakan Uber Grab Taxi sangat mudah, hanya perlu beberapa set-up di awal. Tapi, karena saya lebih merekomendasikan Grab daripada Uber? Simak alasan dan caranya di bawah ini.

Kenapa Lebih Baik Grab dibanding Uber?

  1. CUSTOMER SERVICE
    Di aplikasi Grab, ada kontak customer service yang bisa langsung kita telpon untuk menyampaikan keluhan kita. Jadi kalo ada apa2, semacam salah billing dll, gampang urusnya. Saya sendiri sudah pernah mengalami, dan langsung dihandle dengan baik oleh Grab. Tidak seperti Uber, tidak ada customer service pada apps, tidak ada nomor telp customer service di Indonesia, jadi kita harus ngubek2 website riders.uber.com utk kontak, dan harus email dari email yang terdaftar, di mana sudah saya email tapi masih dibilang salah, karena apps nya cuma untuk phone user only.. haduh, panjang ceritanya. Intinya, Uber jauhhhhh lebih ribet.
  2. CREDIT UBER HILANG
    Credit saya di Uber tiba-tiba hilang. Dan buat ngurusin ini, sampe sekarang ga bisa-bisa, karena perkara customer service di atas. Belum lagi kasus lain seperti ada yang akun ubernya dipake orang lain, sedangkan pemegang akun tidak berada di dalam kota tersebut. Kebayangkan ribetnya kalo ada masalah sedangkan customer servicenya aja susah minta ampun, jgn harap uang  /credit kembali.
  3. GRAB LEBIH SERING DISKON
    Grab lagi sering kasih diskon dibanding Uber. Mungkin karena dia pendatang lebih baru. Tapi armadanya ga kalah banyak, jadi ya sangat worth-it dicoba.
  4. LEBIH MURAH DIBANDING UBER
    Saya beberapa kali membandingkan harga Grab vs Uber sebelum memesan, dan Grab sering banget lebih murah walau cuma beberapa ribu. Lumayan kan kalo dikumpulin..
  5. ADA SISTEM MEMBERSHIP
    Secara otomatis, kita akan dapat membership pada apps Grab, di mana setiap rupiah yang kita keluarkan, kita akan dapat poin yang kalo sudah mencapai jumlah poin tertentu, kita bisa tukar dengan rewards member. Seru kan?

 

Cara Menggunakan Uber Grab Taxi

1. Download Aplikasi Grab Taxi

Download Aplikasi Grab Taxi untuk iPhone
Download Aplikasi Grab Taxi untuk Android

2. Daftar

  • Klik tautan ini: https://invite.grab.co/diana74459
  • Masukkan nomor HP yang sekarang, diawali kode 62, misal: 62811294837
  • Buka aplikasi Grab yang sudah diinstal di HP
  • Masukkan data diri, email, dan nomor HP yang tadi sudah Anda daftarkan
  • Kamu akan langsung dapat diskon potongan Rp.30.000,- (*) untuk perjalanan pertama kamu saat nanti naik Grab pertama kali. Nominal ini hanya untuk pemakaian pertama, dan tidak bisa dialokasikan ke pemakaian kedua bila masih ada sisa.*) Apabila biaya kurang dari Rp. 30.000,- per perjalanan, maka sisanya tidak dapat diuangkan alias akan hangus :)
  • Setting cara pembayaran Anda di menu “GRABPAY” di aplikasi. Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit/debit, cash, eCash, dan Grab Credits.

 

3. Pesan Taxi Anda

  1. Pemesanan dilakukan melalui aplikasi yang sudah Anda download, tidak melalui telpon ataupun call center.
  2. Setelah mendaftar melalui tautan ini: https://invite.grab.co/diana74459  seperti cara di atas, kita bisa langsung memesan Grab.
  3. Buka aplikasi dan login.
  4. Tuliskan alamat penjemputan dan tujuan.
  5. Untuk melihat estimasi biaya, lihat di “Fare” di kiri bawah.
  6. Ubah cara bayar di kotak di bawah alamat penjemputan dan tujuan. Kita juga bisa masukkan kode promo (biasanya kalo Grab ada promo, akan ada kode promo yang diinfo saat kita baru membuka aplikasi) di kotak ini.
  7. Di bagian paling bawah (di bawah “fare”), kita bisa memilih selain GrabCar, ada GrabBike (motor), GrabExpress (antar jemput barang), atau GrabTaxi (lebih mahal daripada GrabCar).
  8. Untuk pesan, pilih “Book” , tulisan di kanan bawah berwarna hijau berbentuk bulat.
  9. Setelah itu, kita bisa melihat data sopir, seperti: nama, telp, plat mobil, rating, dan foto. Bila kurang sesuai, masih bisa kita batalkan lalu memesan lagi. Gratis pembatalan dalam 15 menit pertama setelah pemesanan.
  10. Tinggal tunggu sopir datang. Kita bisa melacak lokasi sopir sudah ada di mana.
  11. Setelah tiba, kita bisa naik dan akan diantar menuju tempat tujuan.
  12. Selama perjalanan, kita bisa melihat rute ke tempat tujuan, sehingga tahu bila sopir menyimpang.

 

4. Dijemput & Diantar

  1. Sopir akan datang menjemput Anda di tempat yang sudah Anda tandai.
  2. Anda dapat memantau sopir sudah berada di mana. Ini dapat dilihat di peta di Aplikasi Grab di HP Anda.
  3. Anda dijemput, lalu diantar ke tujuan.

 

5. Membayar

Pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit, debit, Paypal, ataupun tunai/cash, sesuai dengan cara pembayaran yang sudah Anda pilih sebelumnya.

 

6. Beri Rating

Apakah sopir Anda ramah, mobil bersih, tepat waktu, mengemudi dengan baik? Atau ugal-ugalan, tidak sopan, dsb? Anda dapat memberikan rating driver secara jujur pada aplikasi saat sudah selesai perjalanan. Hal ini SANGAT PENTING dilakukan dengan jujur agar kualitas Grab dapat terjaga. Kalo semua aman dan nyaman, kan kita semua senang :)

 

Kelebihan Grab Car

  1. Bisa Cashless, sehingga kita bisa tetap naik taxi dan membayar dengan kartu kredit, bila sedang tidak bawa uang tunai. Bahkan, parkir dan tol sudah termasuk, kecuali untuk di wilayah Jakarta.
  2. Aman.
    Tahu identitas sopir, teman / keluarga bisa melacak lokasi kita secara real-time bila kita kasih link-nya. Sangat berguna untuk keamanan, seperti di kota besar seperti di Jakarta.
  3. Nyaman, karena mobil terawat karena Grab sudah menetapkan standar tertentu bagi pengemudinya.
  4. Harga jelas, bahkan bisa diperkirakan sebelum berangkat.
  5. Lebih murah daripada taxi biasa.
  6. Ada invoice resmi yang bisa dikirim via email, bisa diatur pada setting di aplikasi.
  7. Bisa melacak sopir atau ada berapa armada yang dekat dengan kita. Fitur ini sangat berguna, terutama ketika kita lihat, sopir yang kita pesan kok ga bergerak2 dari tempatnya. Dengan ini, kita bisa mengantisipasi dengan menelpon si sopir yang nomornya tertera di aplikasi, untuk mengecek sopir sudah berada di mana, benarkah tahu tempat penjemputan, dll.

 

Kekurangan Grab Car

  1. Tidak dapat dipesan sebelumnya, melainkan harus dipesan saat mau berangkat.
  2. Harus menggunakan aplikasi di smartphone, sehingga terbatas dan tidak semua orang bisa menggunakannya.

 

Promo Uber Taxi atau Grab Car

Daftar dengan tautan ini: https://invite.grab.co/diana74459Kamu akan langsung dapat diskon potongan Rp.30.000,- (*) untuk perjalanan pertama kamu saat nanti naik Grab pertama kali. Nominal ini hanya untuk pemakaian pertama, dan tidak bisa dialokasikan ke pemakaian kedua bila masih ada sisa.

*) Apabila biaya kurang dari Rp. 30.000,- per perjalanan, maka sisanya tidak dapat diuangkan alias akan hangus :)

 

Nah, semoga sudah jelas ya.. Selamat ber-Grab ria! :)

XO, Diana
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com