Informasi Lengkap Objek Wisata Baluran
JavaNature & Parks

Informasi Lengkap Objek Wisata Baluran

By on August 31st, 2016

Bila Anda sudah membaca artikel kami sebelumnya tentang 6 Hal yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Baluran, mungkin Anda mulai penasaran tentang objek wisata Baluran ini. Berikut adalah ulasan dan informasi dari kami tentang Taman Nasional Baluran.

Lokasi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo Jawa Timur, walaupun terletak di Kabupaten Situbondo sebenarnya Baluran terletak di perbatasan antara Situbondo dan Banyuwangi, sehingga bila kita datang dari arah Bali hanya sekitar 1 jam mengendarai mobil kita akan tiba di pintu gerbang Taman Nasional Baluran.

Lihat peta ke Taman Nasional Baluran

Untuk menemukan pintu masuk Taman Nasional Baluran ini juga tidak sulit karena berada di tepi jalan raya yang menghubungkan Situbondo dan Banyuwangi (Pelabuhan Ketapang).

Cara ke Taman Nasional Baluran

Berhubung Taman Nasional Baluran hanya mempunyai satu akses pintu masuk, satu-satunya jalan menuju Taman Nasional Baluran adalah menggunakan jalur darat baik dari arah Banyuwangi maupun Situbondo. Anda dapat menggunakan segala jenis mobil maupun motor untuk menjelajah. Namun berhubung keadaan jalan yang cukup buruk di dalam Taman Nasional, kami lebih menyarankan motor dan mobil yang tinggi  saat Anda berkunjung ke objek wisata Baluran ini. Namun, kami sendiri menggunakan mobil tipe city car yang cukup pendek, dan hanya perlu lebih lambat dan lebih berhati-hati saja. Sekedar catatan, kecepatan mobil kami tidak dapat melebihi 15 km/jam, sehingga untuk mencapai Pantai Bama yang berjarak 15 km dari pintu masuk, kami membutuhkan waktu kurang lebih sejam untuk mencapainya :)

Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Tiket yang dikenakan untuk masuk ke Taman Nasional Baluran adalah Rp.15.000,- per orang (domestik) untuk hari Senin-Sabtu dan Rp.17.500,- (domestik) untuk hari Minggu. Sementara untuk wisatawan asing Rp.150.000,- untuk hari Senin-Sabtu dan Rp.225.000,- untuk hari minggu. Untuk motor dikenakan biaya Rp.5.000,- untuk hari Senin-Sabtu dan Rp.7.500,- untuk hari Minggu. Untuk mobil dikenakan biaya Rp.10.000,- untuk hari Senin-Sabtu dan Rp.12.500,- untuk hari Minggu

Penginapan di Objek Wisata Baluran

Bila Anda berencana untuk menginap, di objek wisata Baluran ini ada 3 pilihan yaitu :

  • Menginap di wisma Taman Nasional Baluran
    Pengelola Taman Nasional Baluran menyediakan beberapa wisma yang dapat disewa selama Anda berada di Taman Nasional Baluran. Bila Anda berminat dapat menghubungi langsung pengelola wisma melalui link berikut.
  • Menginap di homestay
    Tepat di samping pintu masuk Taman Nasional Baluran, Anda dapat melihat gerbang Desa Wisata Kebangsaan. Di sepanjang jalan desa ini tersedia banyak pilihan homestay yang mayoritas dikelola oleh warga. Selain itu, tersedia juga beberapa warung makan dan toko kecil untuk membeli kebutuhan.
  • Camping
    Bagi Anda yang berminat untuk camping (seperti kami), pengelola Taman Nasional menyediakan 2 tempat camping yang dapat digunakan yaitu:
    1) Di sebrang jalan raya dari depan gerbang taman nasional, atau
    2) Di Pantai Perengan Pandean di dekat pos jaga petugas Taman Nasional.

 

Nah, bagi yang bingung apa saja yang bisa dilakukan di sana, kamu juga menulis tentang 6 Hal yang Bisa Dilakukan di Taman Nasional Baluran. Selamat menjelajah!

 

Taman Nasional Baluran

Alamat : Jl. Raya Situbondo-Banyuwangi Desa Wonorejo, Kec. Banyuputih Kab. Situbondo.
Telepon : (0333) 461936 / (+62) 82332213114
Website

 

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com