Itinerary Budget Roadtrip Flores
FloresItinerary & Budget

Itinerary Budget Roadtrip Flores

By on January 11th, 2018

Kami berangkat dari Bali ke Flores overland selama 17 hari penuh (18 Desember 2017 – 3 Januari 2018), sejauh 2.347 km. Total biaya 7.5 juta sudah termasuk biaya ferry, bensin, makan, akomodasi, dan oleh2. Berikut adalah Itinerary Budget Roadtrip Flores yang kami catat selama perjalanan:

Itinerary Budget Roadtrip Flores

Itinerary Roadtrip Bali-Flores

18 Des 2017: dari Bali jam 08.00

  • 3 jam mobil ke Padang Bai
  • 4 jam ferry Padang Bali (Bali) – Lembar (Lombok)
  • 3 jam mobil Lembar – Pelabuhan Kayangan
  • 1.5 jam ferry dari Kayangan (Lombok) – Poto Tano (Sumbawa)

19 Des 2017: tiba di Labuan Bajo jam 17.00

  • 8 jam mobil Poto Tano – Pelabuhan Sape
  • 7 jam ferry dari Sape (Sumbawa) – Labuan Bajo (Flores), jam 10.00 – 17.00
  • Bermalam 2 malam di Om Condo

20 Des 2017: Labuan Bajo

  • Keliling kota dan pelabuhan
  • Goa Batu Cermin
  • Bukit Cinta

21 Des 2017: Sano Nggoang

  • Jam 10.00 berangkat dari Labuan Bajo
  • Mampir Cunca Rami tapi hujan, sehingga lanjut ke Sano Nggoang lewat Rekas
  • Jam 14.00 tiba di Pastoran St. Mikael Nanung, Desa Wae Sano, Sano Nggoang. Menginap di sini.

22 Des 2017: Sano Nggoang – Bajawa

  • Di antara rute ini (Sano Nggoang – Bajawa) harusnya ada 2-stops untuk bermalam, tp hajar bleh ke Bajawa. The most tiring day in our trip, jadi jangan ditiru because this was a mistake.. Harusnya jangan “pengen cepat sampai”, malah jadi “capek di jalan”.Ingat bahwa: It is about the journey, not the destination.
  • 12 jam nyetir dari Sano Nggoang ke Homestay Madja Edelweiss di Bajawa. -.-”
    Menginap di sini 2 malam sampai lusa pagi.

23 Des 2017: Bajawa

  • Kampung Bena
  • Explore Bajawa santai2. Balas dendam untuk hari kemarin.

24 Des 2017: ke Ende

  • 3 jam dari Bajawa ke Ende
  • Misa malam natal di Gereja Katedral Kristus Raja, Ende
  • Menginap di rumah teman Mukhlis (teman Tuteh) selama 3 malam.

25 Des 2017: Bajawa – Ende

  • Natalan bersama keluarga Lexi
  • Ke Rumah Pengasingan Bung Karno
  • Ke Situs Bung Karno
  • Ke Pantai dekat Pulau Koa / Bandara
  • Keliling kota Ende tapi pada tutup karena Natal haha..

26 Des 2017: Kelimutu

  • 2,5 jam mobil dari Ende ke parkiran Danau Kelimutu
  • 1,5 jam naik dan turun ke Danau Kelimutu, trek sangat gampang
  • 2 jam sampai kembali di Ende
  • Istirahat

27 Des 2017: Ende – Bajawa

  • Ke air terjun Kedebodu di Ende
  • Makan siang bersama Tuteh di Khalilah.
    Menu: bubur ubi / ubi tumbuk, jagung mbose, ikan kuah asam, alu ndene
  • 3 jam dari Ende ke Bajawa
  • Bermalam 2 malam di Manulalu BnB

28 Des 2017: Manulalu & Bena

  • Breakfast di Manulalu BnB
  • 1 jam main di air panas Malanage, Jerebuu, Bajawa
  • Mampir ke Desa Adat Gurusina
  • 4,5 jam di Kampung Bena: ikut Reba (Misa, makan siang, mampir ke rumah penduduk dan lihat tarian)
  • Makan malam di Bajawa

29 Des 2017: Bajawa –  Ruteng

  • 3 jam pertama: breakfast, check out, mampir ke Rumah Retret Kemah Tabor (Mataloko), makan siang di Bajawa dulu
  • 4 jam dari Bajawa ke Ruteng, termasuk 1 jam main di Danau Ranamese
  • Bermalam di Susteran MBC (Maria Berdukacita)

30 Des 2017: Ruteng – Labuan Bajo

  • Breakfast, check-out, mampir ke Kopi Mane
  • 2,5 jam ke Goa Liang Bua
  • 1 jam ke Cancar spiderweb ricefield
  • 2,5 jam ke Labuan Bajo
  • Bermalam 3 malam di Exotic Komodo Hotel, Labuan Bajo

31 Des 2017: Labuan Bajo

  • Jalan-jalan Labuan Bajo
  • Makan siang coto makassar
  • Istirahat siang di hotel
  • Makan malam dan acara tahun baru di hotel

1 Jan 2018: Labuan Bajo

  • 09.00 – 10.30: Ke Wingkol (main kayak, bakar ikan, makan siang, berenang, istirahat)
  • 14.00: main ke Pulau Kelor
  • 17.00 : sudah di pelabuhan Labuan Bajo
  • Balik hotel, mandi, istirahat

2 Jan 2018: dari Labuan Bajo jam 9.30

  • 6 jam ferry dari Sape (Sumbawa) – Labuan Bajo (Flores), jam 09.30-15.30
  • 2 jam ke Dompu
  • Bermalam di Hotel Rinjani, Dompu

3 Jan 2017

  • Check out, breakfast nasi kuning
  • 4 jam mobil ke Sumbawa besar. Istirahat makan siang.
  • 2 jam mobil ke Poto Tano.
  • 2 jam ferry dari Poto Tano (Sumbawa) – Kayangan (Lombok)
  • 2,5 jam mobil Kayangan – Lembar
  • 1,5 tunggu ferry berangkat dari Lembar (Lombok) – Padang Bai (Bali). Udah jam 21.30 malem -.-“

4 Jan 2018

  • 5 jam ferry baru sandar di Padang Bali – Bali.
  • 1,5 jam sampai di rumah. Finish jam 04.00 pagi hari ini.
  • TEPUK TANGAN UNTUK KAMI SEMUA!!! *leganya udah ga kira2

Budget Roadtrip Flores

  Nominal (Rp.)
Transportasi & HTM:
Ferry PP 2.764.000
Sponsor Ferry Sape – Labuan Bajo PP
Bensin mobil (Ayla) 1.200.000
Tiket masuk tempat wisata 147.000
Akomodasi & Oleh2
Akomodasi (total 5 malam) 1.200.000
Sponsor akomodasi (total 10 malam)  –
Belanja (oleh2) 230.000
Makan & Logistik
Makan *) 1.576.300
Jajan & Logistik 309.100
TOTAL Rp. 7.426.400,-

*) Biaya makan di Flores rata-rata Rp.25.000,- per orang / per porsi. 

Semoga postingan ini bisa bermanfaat yaa..! :)
Yang mau silahturahmi, bisa ke Facebook atau Instagram kami, dan kita bersua di sana :)

XO, Diana
TAGS
RELATED POSTS
8 Comments
  1. jonathan Bayu

    January 11, 2018

    Ini beneran ngebantu banget! Aku juga rencana (masih rencana awal) mau roadtrip ke Labuan Bajo tapi dari Jakarta haha. Sempat terpikir mulai tripnya dari Bali supaya tidak kejauhan, cuma ya pasti harus sewa mobil lagi. Dengan itinerary ini aku jd dapet banyak info berapa durasi perjalanan antar kotanya.
    Aku kan liat di IG, seru banget ya roadtrip begitu, bisa mampir ke semua tempat yang bagus. Berharap ada itinnya eh ternyata beneran ditulis..sekali makasih! Kalau aku mau tanya2 boleh ya nanti..hehe

  2. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    January 11, 2018

    @Jonathan Bayu: Seneng banget kalo ini bisa ngebantu! Pastinya dong boleh tanya2 :) Iya, kalo pake mobil enaknya gitu, bisa lebih menjangkau yang tak terjangkau dan lebih fleksibel. Semoga rencana dan perjalanannya lancar dan menyenangkan ya! 😀

  3. Johanes Anggoro

    January 11, 2018

    Luaaaar biasa. Sempet ngikutin di Instagram roadtrip ini. Sempet mbatin, kok gak kelar-kelar. Ternyata sampai 17 hari?! Amazing.
    Tp sayangnya mentok di Kelimutu ya paling timur. Sempet berharap mampir ke Larantuka sekalian tuh. Kan paling ujung timur Flores hehe.

    Dari postingan ini bisa sedikit meraba berapa jarak dan waktu yg dihabiskan. Soalnya masih merancang kesana. Mudah-mudahan kesampaian hehe.

  4. gifary

    January 11, 2018

    wah keren nih itenarynya, sangat membantu sy sangat ingin ke daerah ende. foto2nya bisa sy liat dimana yah mbak

  5. Dila Augusty

    January 11, 2018

    Aku juga punya mimpi pengen road trip sampai Jawa. Tapi cuman suami doang yang bisa nyetir. Aku cuman bisa duduk manis di samping. Mana gak kuat lagi nyetir jauh

    Pasti bakal banyak pengalaman ya kalo jalan darat. Pengeeen ih

  6. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    January 12, 2018

    @Johanes Anggoro: haha, iya 17 hari. Abis itu harus disudahi krn cuti Bapaknya dan liburan anak sudah habis, jadi ga keburu sampe Larantuka. Lagian ke Larantuka kyy seruan pas Paskah ya, lgs aja ntar naik pesawat ke Maumere dari Bali haha.. Mudah-mudahan rencana ke sana Mas-nya kesampaian yaaa.. aminn.. hehe..

  7. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    January 12, 2018

    @Gifary: makasih, seneng juga bisa membantu…foto2 bisa lihat sebagian di instagram ya, sambil kami upload pelan2 😀

  8. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    January 12, 2018

    @Dila Augusty: semoga terwujud Mba…ga masalah, jalannya pelan2 aja jadi kl capek istirahat dulu. Walaupun ga bisa gantian nyetir tapi kan bisa suapin cemilan, bantuin nanya jalan, atau nyanyi2 supaya suami ga ngantuk, hahaha..

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com