Pura Goa Giri Putri Nusa Penida
BaliNature & Parks

Keunikan Dalam Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

By on September 28th, 2017

Melanjutkan cerita tentang Nusa Penida, kali ini kami akan menceritakan salah satu tempat yang unik banget di Nusa Penida, yaitu Pura Goa Giri Putri Nusa Penida. Ada banyak alasan kenapa bagi kami pura ini unik banget, mulai dari lokasi sampai sejarah dan cerita pura ini membuat kami cukup lama menghabiskan waktu di sini, bukan hanya untuk berfoto-foto, tapi juga berbincang-bincang dengan salah satu pemangku (pendeta bagi umat Hindu) yang kebetulan sedang ada di sana waktu kami datang.

Keunikan di Dalam Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Akses Masuk ke Dalam Goa

Akses masuk ke dalam goa (walaupun sebenarnya menurut kbbi, yang benar adalah ‘gua’ , tapi kita ambil dari nama aslinya aja ya, hehe) ini terdapat di atas sebuah bukit, sehingga kita perlu menaiki kurang lebih 100 anak tangga dari tempat parkir untuk tiba di pelataran pura. Tapi tenang, anak tangga menuju pelataran pura ini cukup baik dan ditutup atap sehingga tidak terlalu panas dan melelahkan. Nah, untuk masuk ke pura kita harus menggunakan kain, kita bisa menyewa kain ini di tempat parkir dengan harga Rp. 10.000 per kain.

Setelah naik tangga dan tiba di pelataran pura, kita akan melihat meja pendaftaran yang dijaga oleh warga setempat, kita akan diminta untuk mengisi buku tamu dan tersedia kotak donasi, jadi di sini tidak ada harga tiket masuk. Kita bisa berisirahat sebentar di pelataran pura ini sambil menikmati pemandangan pesisir pantai, nah warga juga menyediakan air mineral kemasan bagi para pengunjung pura.

Saat Diberi Air Suci Sebelum Masuk ke Dalam Goa

Saat Diberi Air Suci Sebelum Masuk ke Dalam Goa

Kemudian kita akan masuk ke dalam goa, sebelumnya kita akan diberi percikan air suci dulu sebelum masuk. Kami saat itu cukup kaget karena akses untuk masuk ke dalam goa ini hanya sebuah lubang seukuran satu orang dewasa lho ! Kami harus masuk secara bergantian melalui lubang kecil ini, setelah masuk kami harus berjalan merunduk sejauh 3 meter karena tinggi goa hanya sekitar 1,5 meter saja, setelah itu baru kami bisa melihat goa yang yang besar di bagian dalam dan berdiri, baru sampai sini aja kami udah menganga kagum :)

Akses Masuk ke Pura Goa Giri Putri

Akses Masuk ke Pura Goa Giri Putri

Setelah sampai di bagian dalam goa, sudah terdapat lampu penerangan dan jalan setapak yang mengarahkan ke bagian tengah goa, di mana terdapat bagian utama pura dan bagian goa yang digunakan sebagai tempat meditasi. Setelah melewati pura utama, tidak terdapat lagi jalan setapak, jadi kita akan berjalan langsung di atas tanah goa yang sedikit basah dan lembab sampai akhirnya kita akan tiba di bagian akhir goa yang juga menjadi tempat altar atau patung Dewi Kwan Im berada. Di bagian ini sudah terdapat lantai dari semen dan dari sini juga kita akan langsung melihat pintu keluar goa.

Setelah Masuk Kita Harus Merunduk

Setelah Masuk Kita Harus Merunduk

Pintu keluar goa ini tidak seperti pintu masuk, cukup besar dan terdapat pintu. Sebelumnya, kita bisa juga masuk dari pintu belakang ini, tetapi sekarang pengunjung baik wisatawan maupun warga yang hendak sembahyang, harus masuk dari pintu masuk (lubang) dari pelataran pura agar tidak jalur keluar masuk orang lebih teratur.

Pintu masuk dan jalan di goa ini dipercaya juga seperti mitologi kehidupan manusia, mulai keluar dari rahim, lalu berjalan merangkak dan kemudian kita dewasa dan bisa berjalan dan berdiri tegap. Unik banget kan :)

Tempat Meditasi

Selain menjadi tempat wisata dan terutama tempat beribadah umat Hindu, Pura Goa Giri Putri Nusa Penida ini juga memiliki tempat yang dikhususkan untuk meditasi. Tepat di depan pura utama di bagian tengah goa, kita akan melihat sebuah tangga menuju bagian atas goa, dimana terdapat semacam ruangan yang terbentuk secara alami. Hanya mereka yang ingin melakukan meditasi yang bisa naik ke tempat ini, dan untuk naik ke sini mereka harus melepaskan semua alas kaki-nya.

Patung Dewi Kwan Im di Dalam Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Adanya patung Dewi Kwan Im di dalam goa ini dipercaya adalah hasil akulturasi kepercayaan Hindu Budha, di mana Dewi Kwan Im dipercaya sebagai dewi yang memberi berkah dan pembawa rejeki dan ungkapan syukur atas hasil panen laut dan ladang di Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Keberadaan patung Dewi Kwan Im dan juga pura utama di goa ini menunjukkan harmoni dari kepercayaan Hindu Bali, jadi jangan heran ketika Anda melihat umat Hindu juga akan sembahyang di patung Dewi Kwan Im ini. Dalam proses persembahyangan di Pura Goa Giri Putri ini, memang area patung Dewi Kwan Im termasuk dalam proses persembahyangan yang akan dilakukan bagi umat Hindu.

Umat Hindhu Ketika Sembahyang di Area Altar Dewi Kwan Im

Umat Hindu Ketika Sembahyang di Area Altar Dewi Kwan Im

Walaupun kami sendiri tidak bisa merangkai secara pasti bagaimana kepercayaan Hindu Budha ini terbentuk, tapi dari sini kami melihat bagaimana harmoni dan suasana saling menghargai dan keharmonisan antar kepercayaan terwujud dalam satu tempat yang indah ini.

Patung Dewi Kwan Im Asli Terlihat di Belakang

Patung Dewi Kwan Im Asli Terlihat di Belakang

Beruntung kami sempat berbincang sebentar dengan salah satu pemangku yang kebetulan saat itu ada di lokasi, dia menjelaskan sedikit bahwa sebenarnya patung Dewi Kwan Im yang pertama ada sampai sekarang ada di bagian belakang dan yang sekarang terlihat di dari depan adalah patung baru dengan ukuran yang lebih besar. Bila kita melihat dari samping makan akan terlihat patung asli yang memang sudah ada lama di sana, dan dipercaya dahulu kala pernah ada upaya untuk memindahkan patung tersebut tetapi malah membaerikan dampak yang tidak baik bagi warga sekitar. Karena itu, patung tersebut akhirnya tetap dibiarkan di sana.

Lokasi Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Pura Goa Giri Putri Nusa Penida ini terletak kurang lebih 7 km ke arah timur Pelabuhan Buyuk Nusa Penida, atau kurang lebih 10-15 menit berkendara menggunakan mobil. Bila Anda tiba di Nusa Penida menggunakan fast boat, pasti akan bersandar di Pelabuhan Buyuk ini, jadi kami menyarankan Anda untuk mengunjungi Pura ini terlebih dahulu karena lokasinya cukup dekat dari pelabuhan.

Tips Mengunjungi Pura Goa Giri Putri Nusa Penida

Berikut ada beberapa tips yang cukup penting sebelum Anda berkunjung ke Pura Goa Giri Putri ini:

  • Sebaiknya jangan berkunjung saat ada hari besar keagamaan, jadi sebaiknya sebelum datang kita bisa bertanya dulu, bisa kepada teman yang beragam Hindu atau tour/supir yang kita pesan atau bisa juga ke orang hotel atau penginapan di Nusa Penida.
  • Sama seperti semua pura di Bali, bagi Anda yang wanita dan sedang dalam masa menstruasi tidak diperbolehkan untuk masuk ke area pura. Ingat ya, jangan dilanggar.
  • Pakai alas kaki yang nyaman, kami lebih menyarankan menggunakan sepatu agar lebih nyaman dan aman terutama saat masuk ke dalam goa.
  • Bila Anda membawa anak-anak (seperti kami), mungkin mereka akan sedikit takut saat masuk ke dalam goa karena kondisi yang cukup gelap. Ada baiknya anak-anak untuk digendong atau terus ditemani agar mereka tidak takut karena suasana goa yang mungkin tidak nyaman bagi mereka. Tapi tidak disarankan membawa stroller ke dalam goa ya karena akan sulit dibawa-bawa, sebaiknya menggunakan carrier karena akan lebih mudah dan praktis.

Semoga tulisan kami kali ini cukup menggambarkan keunikan Pura Goa Giri Putri ini, tapi buat Anda yang berencana ke Nusa Penida, wajib banget untuk mengunjungi pura unik ini dan merasakan langsung keindahan dan keunikannya : )

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com