Main ke Rumah Pohon Karangasem Temega
BaliNature & Parks

Main ke Rumah Pohon Karangasem Temega

By on June 6th, 2017

Nah, weekend kemarin, kami main ke tempat baru di Karangasem, namanya Rumah Pohon Karangasem Temega. Awalnya, kami hanya ingin mampir dan main sebentar di rumah pohon ini sebelum lanjut ke Tirta Gangga, tapiiii.. setelah sampai di sini, asli deh, kami jadi keasyikan sampe sore banget dan jadinya ga keburu ke Tirta Gangga. Nah terus ngapain aja di Rumah Pohon Karangasem Temega ini sampe kami lupa waktu?

Lokasi Rumah Pohon Karangasem Temega

Untuk sampai di Rumah Pohon Karangasem Temega ini tidak sulit, karena lokasinya berada di jalur utama ke arah Tirta Gangga. Bila kita datang dari arah Denpasar, sebelum belokan terakhir menuju Tirta Gangga dan arah Budakeling, kita akan melihat papan petunjuk parkir Rumah Pohon Temega di kiri jalan. Papan petunjuk itu akan mengarahkan kita ke area parkir motor melalui jalan kecil masuk ke area pemukiman warga, sehingga cukup membingungkan bila Anda membawa mobil. Area parkir mobil sendiri ada di lapangan tepat di sisi jalan raya, di mana ada lapangan tanah sebelum masuk ke area parkir motor. Dari area parkir kita perlu berjalan kaki sedikit ke arah pemukiman warga untuk sampai di pintu masuk Rumah Pohon Karangasem Temega ini, di sana kita akan melihat meja tiket masuk.

Review Rumah Pohon Temega

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Rumah Pohon Temega ini mulai buka sejak pukul 07.00 sampai 19.00. Harga tiket masuk ke Rumah Pohon Temega ini sebesar Rp. 10.000 / orang dewasa, dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Sementara untuk parkir, dikenakan biaya Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Aktivitas

Berfoto

Kalau Anda berkunjung ke Rumah Pohon Temega ini, wajib banget untuk foto-foto. Di sini banyak sekali sudut-sudut menarik untuk berfoto, mulai dari ayunan yang terbuat dari ban bekas, bangunan dan jembatan bambu, area sungai yang mengalir, sampai yang paling keren adalah ketika Anda naik sampai ke puncak Rumah Pohon dimana Anda akan disuguhi pemandangan sawah dan bukit hijau di sekeliling area ini yang sangat indah dan menyegarkan mata, selain itu kita juga bisa melihat laut di bagian timur.

Piknik atau makan

Nah, pengelola Rumah Pohon Temega ini tidak melarang pengunjung untuk membawa makanan dari luar, sehingga kita bisa membawa makanan sendiri untuk dinikmati di sini. Hanya saja, hati-hati karena akan ada beberapa anjing dan kucing yang akan berkeliaran ketika Anda makan : )

Selain itu, pengelola juga menyediakan warung makanan di tengah-tengah rumah pohon, sehingga kita bisa memesan aneka makanan dan minuman di sini. Tapi memang menunya kebanyakan hanya yang instan, seperti mie instan dan pop mie.

Camping

Selain bermain, kita sebenarnya juga bisa camping di sini. Saat kami datang ke sini, pengelola menyediakan 2 tenda dome yang bisa digunakan. Uniknya, tenda ini tidak diletakkan di tingkat dasar (atau di tanah), melainkan di tingkat kedua rumah pohon, sehingga kita seolah menginap di atas pepohonan. Hanya saja fasilitas ini belum bisa digunakan karena pengelola masih membangun fasilitas pendukung lainnya di area tenda, seperti toilet di atas rumah pohon untuk memudahkan pengunjung, karena saat ini hanya ada satu toilet di bawah yang cukup jauh bila kita sedang berada di atas.

Tips Bermain ke Rumah Pohon Karangasem Temega

“Dilarang Bersentuhan dengan Pasangan.” Ini bukan tips, tetapi memang peraturan dari pengelola, haha.. Begitu kami masuk di pos tiket masuk, langsung terpampang pengumuman ini, kami langsung bertanya kepada petugas, “maksudnya bagaimana?”. Jadi, memang pengelola ingin menjaga tempat ini agar tidak dijadikan tempat pacaran apalagi mesum, sehingga dibuatlah peraturan ini. Peraturan ini dibuat terutama saat mengambil foto bagi semua pasangan walaupun sudah menikah pun dilarang untuk bersentuhan — bahkan berpegangan tangan lho (kebayang kan, itu susah banget! Apalagi kami berdua kalo foto berdua pengennya rangkul2an, haha..). Ketika masuk ke dalam, kami juga melihat cukup banyak pengumuman ini dipasang, termasuk di bagian puncak, bahkan pengelola memasang cctv untuk memastikan pengunjung tidak melakukan hal-hal yang tidak baik. Nah, lhoo, jadi jangan harap bisa pacaran di sini ya, haha..

Gunakan Pakaian yang Nyaman. Beberapa jalan di rumah pohon ini cukup sulit, walaupun pengelola sudah membuatnya dengan cukup kokoh dan aman. Lebih baik untuk menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman saat bermain ke sini, agar kita bisa dengan leluasa mejelajahi semua bagian rumah pohon ini, termasuk manjat sampe tingkat-tingkat paling atas seperti yang kami lakukan, haha..

Perhatikan Keamanan. Pengelola membuat beberapa jalur di sini, ada yang cukup mudah dan landai, tetapi ada juga yang cukup curam dan agak sulit dilalui, terutama bagi orang tua dan anak-anak. Selain itu, kita juga bisa berjalan mejelajah rumah pohon ini sendiri tanpa pemandu dan alat pengaman; Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan faktor keamanan. Bila Anda membawa anak-anak pastikan Anda terus mengawasi anak-anak Anda agar tidak terjadi kecelakaan atau terjatuh. Selain itu, pengelola juga sudah memasang peringatan mengenai kapasitas maksimal di masing-masing tingkatan rumah pohon, jadi ada baiknya kita tidak melanggarnya demi keamanan bersama.

 

Selamat bermain ke Rumah Pohon Karangasem Temega : )

 

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com