membawa anak camping
CampingUseful Tips

Kapan Usia yang Tepat Membawa Anak Camping

By on September 14th, 2016

Setelah kami kembali dari Road Trip Baluran dan Kawah Ijen, beberapa teman kami (terutama yang sudah atau baru mempunyai anak) bertanya tentang membawa anak camping. Dan salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan adalah kapan usia yang tepat untuk camping bersama anak. Ada beberapa hal yang bisa diperhatikan orang tua bila ingin membawa anaknya camping, karena usia yang tepat dapat berbeda-beda untuk setiap anak.

Usia Ideal Membawa Anak Camping

Apa sih yang dimaksud dengan usia ideal ? Setiap anak mempunyai tingkat tumbuh kembang yang berbeda-beda oleh karena itu tidak bisa ditentukan dengan pasti umur berapa seorang anak bisa dikatakan siap diajak camping. Selain tumbuh kembang anak, faktor kesiapan orangtua dan komunikasi dengan anak sangat penting sebelum mengajak anak Anda camping. Oleh karena itu sebenarnya bukan umur yang dijadikan patokan, tetapi beberapa kemampuan dasar anak yang lebih baik untuk dijadikan patokan sebagai waktu yang tepat untuk camping bersama anak.

Kemampuan Dasar Saat Membawa Anak Camping

Kemampuan dasar anak ini akan membantu saat kita camping bersama anak, walaupun kita sebagai orang tua harus bisa menyesuaikan dan memberikan kenyamanan selama camping.

  • Toilet Training. Memang bila anak Anda sudah melewati fase toilet training akan sangat memudahkan Anda dan juga anak selama camping bersama, walaupun bila Anda memilih camping di alam, sebagai orang tua kita harus mengenalkan anak kita untuk buang air di alam terbuka (tidak di toilet). Saran kami untuk awalnya lebih baik mengajak anak-anak ke camp site yang memiliki toilet walaupun hanya toilet umum sederhana, karena ini akan lebih membantu anak dalam menyesuaikan dirinya.
  • Susu. Camping bersama anak akan lebih praktis bila anak Anda masih ASI atau sudah lepas botol (dot). Bila anak kita masih menggunakan botol (terutama susu formula), perlengkapan yang perlu Anda siapkan cukup banyak, seperti : termos air panas, air bersih untuk mencuci dan juga ketersediaan air panas.
  • Makanan. Hampir sama seperti susu, camping bersama anak akan lebih praktis bila anak Anda masih ASI atau sudah dapat makan makanan orang dewasa. Pengalaman kami memang paling repot adalah saat anak memasuki masa MPASI, tetapi Anda dapat menyiasati ini dengan beberapa tips MPASI yang praktis.
  • Komunikasi. Ketika anak Anda ikut camping, banyak hal baru yang akan mereka hadapi, mulai dari tempat tidur, tempat bermain, tempat mandi, kamar kecil, makanan, dll. Komunikasi yang baik akan membantu anak Anda dalam menghadapi hal-hal baru ini, karena bagi mereka hal baru ini akan menarik dan menyenangkan bila disampaikan dengan baik. Kita sebaiknya sudah menyampaikan rencana camping beberapa hari sebelum berangkat, dapat dengan berbicara atau memperlihatkan gambar situasi camping. Hal ini akan membuat anak Anda lebih bersemangat dan siap. Oleh karena itu memang idealnya ketika anak sudah bisa berkomunikasi dengan baik akan lebih mudah bagi mereka untuk mempersiapkan diri.

Semua kemampuan dasar ini rata-rata mulai dikuasai anak saat menjelang umur 2 tahun, walaupun kembali lagi tumbuh kembang setiap anak berbeda-beda. Dan kami sendiri percaya bahwa setiap anak mempunyai kemampuan adaptasi yang sangat baik dan mereka belum memiliki rasa takut seperti orang dewasa, sehingga sebenarnya umur berapa pun anak Anda, kami rasa mereka dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dengan baik. Semua kemampuan ini juga tidak eksak harus dikuasai terlebih dahulu, kita dapat menyesuaikan diri dengan kemampuan anak seperti membawa popok (bila anak Anda terbiasa toilet training) atau membawa perlengkapan lebih untuk susu dan makanan anak.

Dan yang terakhir adalah faktor kita sebagai orang tua yang harus memberikan rasa percaya diri, kenyamanan dan keamanan sehingga anak-anak dapat dengan nyaman dan menikmati momen camping mereka bersama orang tua. Percayalah bahwa setiap anak akan senang ketika kita bawa dan ajak bermain di alam. Jadi, selamat camping bersama anak dan nikmati setiap waktu kebersamaan nya : )

Cheers, Eko

 

 

 

 

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com