MPASI 6 Bulan saat Bepergian tanpa Ribet
Useful Tips

MPASI 6 Bulan saat Bepergian tanpa Ribet

By on January 13th, 2016

MPASI 6 Bulan saat Bepergian tanpa Ribet ini tidak hanya berlaku saat traveling, tapi juga bisa diterapkan saat jalan-jalan di dalam kota. Praktis, namun tetap sehat bagi si kecil. Semuanya juga sangat mudah disiapkan dan didapat, baik bahan mentahnya ataupun versi yang sudah jadi. Kali ini, postingannya sengaja hanya difokuskan untuk MPASI 6 bulan, karena kalo yang 1 tahun ke atas sudah ada di link ini: Healthy Baby Food when Traveling.

MPASI 6 Bulan saat Bepergian

Mulai 6 bulan, bayi mulai makan padat, tapi teksturnya mulai dari yang cair, hingga akhirnya makin kental dan padat. Asumsi di sini, semuanya masih berupa liquid ya, baik cair maupun kental, tapi belum ke makanan padat yang lembut (mulai 7-8 bulan).

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan menu MPASI 6 bulan saat bepergian, mulai dari yang homemade hingga pesan di restoran. Kebanyakan memang tepung-tepungan dan buah, karena kalo pake aturan “4 hari masa tunggu” alias 4 hari hanya bisa mencoba 1 makanan baru, sepertinya memang masih belum terlalu banyak pilihan. Namun ini juga bisa menjadi hal yang positif: mamanya belum terlalu ribet :p

Homemade atau Bawa di Rumah

  • Bubur tepung
    Biasanya saya masak pake merek tepung Gasol. Tepungnya organik, tapi sudah packing-an, jadi ga ribet harus bikin sendiri. Cara masaknya tinggal nyontek di kemasan (atau lihat di sini), tapi harus pake panci atau teflon, sehingga harus disiapkan dari rumah sebelum pergi. Setelah masak, biasanya saya masukin ke Boonsquirt Dispensing Spoon, alat penuh magic yang mempermudah hidup saya selama beberapa bulan. Sekali masak, saya bisa masak untuk 2x makan: siang dan malam.
  • Pisang
    Nah, buah satu ini setau saya dapat mengakibatkan sembelit. Tapiii, itu kalo dimakan yang bagian tengahnya, yang ada biji-bijinya itu. Jadi buat Lala, kami kadang bawa pisang dari rumah, yang pas jam makan itu bisa di-kerok dagingnya, tapi bagian tengahnya jangan dikasih. Pilih pisang yang lembut, seperti: pisang Berlin atau pisang Ambon. Kalo pisang Raja atau pisang susu ada rasa sepet-sepetnya. Silahkan juga dicoba pisang lain karena saya hanya pernah coba pisang yang disebut itu aja, hehe..

Pesan atau Bikin di Restoran

  • Jus buah murni
    Pesan jus buah puree alias murni. Jangan lupa dipertegas lagi sama waiter/waitress-nya kalo jusnya tanpa gula/susu/air/es. Pertegas 2x biar mereka ingat, biasanya saya sebut juga kalo “Jusnya buat bayi soalnya, Mas / Mba”, biar mereka lebih aware aja. Jangan sungkan juga minta ganti kalo ternyata pesanan kita salah. Sebut lagi “buat bayi soalnya”, mereka akan maklum kok.
    Jus buah yang kami pesan di restoran biasanya: jus alpukat dan jus pepaya (untuk usia bayi 6 bulan). Buah lain sepertinya akan lebih aman dikonsumsi setelah lewat 6 bulan.
  • Bubur
    Ketika Lala sudah lolos tepung-tepungan, kami mulai beri makan bubur saring. Jadi pas ke restoran juga sudah bisa pesan bubur, tapi pesan lagi, “Tanpa MSG/pecin/vetsin/ajinomoto/apapun itu ya, Mas/Mba”. Soalnya kalo pesan tanpa MSG aja, kadang ada Mas/Mba yang nyeletuk, “kita emang ga pake MSG kok Bu, cuma Royco aja”.. Yeeeee, menurut ngana itu bukan MSG??? Trus, biasanya kami bawa wadah kosong, yang bisa diisi sisa buburnya buat makan malem (asal buburnya jangan kena sendok kotor atau air liur akan bisa tahan kok).
  • Bubur instan
    Nah, kalo yang ini sebenarnya ga pengen dimasukin ke list, tapi kami juga pernah pake beberapa kali saat terpaksa. Jadi, di tas makanan Lala dulu selalu ada bubur instan, yang hanya dipake pas emergency. Misalnya, secara spontan ternyata kita jalan-jalan ke daerah yang ga memungkinkan pesen makanan-makanan di atas, misal di warung makan ayam betutu di pinggiran kota. Daripada Lala ga makan, jadilah kami bikin bubur instan aja. Saran kami, jangan beli merek Milna karena rasanya terlalu manis. Kalo Lala kemarin pake Promina yang tidak terlalu manis, menurut kami.

 

Catatan Lain

  • Ada 1-2 makanan di atas tidak bisa disajikan hangat, seperti bubur tepung Gasol. Ini karena kita sih biasanya emang ga terlalu mikirin tingkat kehangatan makanan. Dari kecil, Lala udah dikasih susu atau bubur ga hangat (sampe Mama saya yang tanyain terus kok ga hanget :p ), dan perutnya juga tahan-tahan aja. Jadi kalo mama papa pembaca sekalian pengen yang hangat, mungkin list di atas ada yang bisa disesuaikan, misal, bekal bubur tepung Gasol hanya untuk siang, sedangkan malamnya pesan makan di restoran.
  • Untuk bayi 6 bulan yang sudah makanan sedikit padat, bisa bekal buah atau sayur rebus yang sudah dihaluskan. Makanan yang agak kental, masih bisa dimasukkan ke Boon Squirt Dispensing Spoon kok :)
  • Ada 1 alat lagi yang sangat berguna untuk dibawa jalan-jalan, karena bentuknya kecil, bisa menghaluskan makanan, tanpa listrik dan mudah dibersihkan: Munchkin Food Grinder.

 

Sekian tips MPASI 6 bulan saat bepergian ini. Semoga membantu memberikan pencerahan ya! :)

 

If you enjoy this post, share it! So more people will get to enjoy it, too! :)

XO, Diana
TAGS
RELATED POSTS
6 Comments
  1. Avatar

    Syera

    October 17, 2016

    Hai Mba Diana! Salam kenal ya, saya Syera. Artikelnya sangat helpful untuk ibu amatiran seperti saya. Kebetulan tahun baru nanti saya berencana liburan, yang mana bertepatan dengan minggu2 awal MPASI anak saya. Senang sekali ketemu artikel ini. Sempet nyari2 artikel yang membahas peralatan tempur MPASI perdana di blog Mba Diana tapi ga nemu.. Hehe. Anyway, thank you Mba for the tips :)

  2. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    October 17, 2016

    Hi Mba Syera, salam kenal! Wahh, asiknya mau jalan2, kita seneng banget kalo memang artikelnya membantu. Semoga perjalanannya lancar dan si kecil juga menikmati perjalanan tanpa terganggu MPASI nya ya Mba :) Untuk peralatan tempurnya, pake ini aja mba: http://smelllikehome.com/travel-blog-indonesia/perlengkapan-mpasi-munchkin-grinder-review/ Ini praktis banget untuk menghaluskan makanan, tinggal ditambah air aja kalo kurang encer. Monggo ya Mba :)

  3. Avatar

    Maryance

    October 18, 2016

    Mba, mau tnya, selama di hotel, tepung gasolnya di masak pakai apa ya? Thx u

  4. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    October 18, 2016

    Kalo di hotel, kita jarang pake gasol karena ga ada kompor. Kalo di hotel, saran saya rebus2 aja pake alat bikin air panas yang di kamar, bisa rebus sayur, kentang, telur, ubi, dll sampe lembut, habis itu dihaluskan pake munchkin food grinder lalu dibawa di kotak bekel untuk makan siang dan malam. :)

  5. Avatar

    Mita Silvia

    November 16, 2017

    Mba Diana, salam kenal! Aku Mita. Mau tanya mba bubur tepung gasolnya tahan berapa lama diwadah makanannya? Disimpan diwadah di suhu biasa atau ada tempet menyimpanan khusus mba? Aku binuuuun mau bawa anak bayik jalan2 hehehee

  6. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    November 16, 2017

    Halo Mba Mita, salam kenal :)
    Tepung gasolnya bisa tahan lama sih, siapin pagi mgkn bs smp makan malem. Tp pas masak campur air aja. Pas disajikan, baru dicampur asi kalo mau campur utk mengencerkan.. Semoga jawabannya membantu yaa, and have fun! 😀

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2018 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com