Perlengkapan MPASI Munchkin Grinder
GearUseful Tips

Perlengkapan MPASI Munchkin Grinder Review

By on January 20th, 2016

Perlengkapan MPASI Munchkin Grinder adalah salah satu alat yang worth-it kami beli. Kami banyak membaca rekomendasi merek ini untuk peralatan MPASI food grinder. Tapi setelah kami membeli, saya kebingungan, “Ini gimana cara pasangnya?”, karena pas beli, itu baut2 di dalemnya, belum kepasang. Ga tau eh, apa karena cuma bungkusan saya aja yang kayak gitu. Tapi , berikut review selengkapnya ya, beserta cara menggunakan Munchkin Baby Food Grinder :)

Fungsi Perlengkapan MPASI Munchkin Grinder

Ketika anak sudah 6+ bulan, mereka memasuki masa MPASI, dimulai dari tekstur yang sangat cair, lalu perlahan mengental dan terus bertambah padat. Nah, kebanyakan cara memasak MPASI adalah dengan bubuk yang dicampur air lalu dimasak di panci menjadi tekstur bubur, ataupun mengukus / merebus / mentah yang kemudian dihaluskan atau diparut.

Perlengkapan MPASI Munchkin Grinder ini fungsinya adalah menghaluskan makanan yang masih berupa potongan, bisa saja setelah direbus / dikukus atau mentahan. Pastinya, teksturnya harus cukup lembut untuk di’giling’ dengan Grinder ini.

Biasanya saya menggunakan perlengkapan MPASI Munchkin Grinder ini untuk menggiling atau menghaluskan makanan lala, yaitu:

  • Buah, seperti: buah naga, alpukat, pisang, dll.
  • Makanan yang sudah direbus atau dikukus, seperti: ubi, sayuran, kentang, dll.
  • Bubur saring, seperti: menghaluskan nasi kasar yang sudah dimasak dengan slow cooker ataupun panci

Kelebihan Munchkin Grinder

  • Tidak perlu listrik
  • Gampang bongkar, pasang, cuci
  • Kecil dan ringan, handy untuk traveling
  • Masa pakai panjang, dari awal MPASI hingga fase bubur saring
  • Multi fungsi, bisa dipakai untuk potato-masher juga untuk sehari-hari

Kekurangan Munchkin Grinder

  • Dari opini atau review di Amazon, banyak yang mengeluhkan susah memakainya, terutama karena menggunakan banyak tenaga dan tidak membantu sama sekali. Menurut saya, memang perlu tenaga untuk menekan dan menggiling makanannya, terutama karena karet / 0-ring untuk menahan cairan agar tidak tumpah ke luar. Tapi karena makanan yang masuk ke sini sudah diolah menjadi lembut, kita ga harus jadi HULK juga untuk menggunakannya. Jadi, menurut saya, produk ini ga ada kekurangan.
  • Sebenarnya produk ini ga perlu-perlu amat kalo punya saringan (teh) di rumah yang bisa juga digunakan untuk menghaluskan makanan bayi. Tapi kalo saya sih mungkin ga bisa ya, jadinya lama dan greget kalo pake saringan. Ibaratnya pake saringan bisa 5 menit, pake ini cuma 1 menit aja.

Cara Pasang Munchkin Grinder

Buat yang terlanjur bongkar tapi ga bisa pasang, berikut panduannya:

cara menggunakan munchkin food grinder

  1. Pasang bagian nomor 2-6 (lihat foto) secara berurutan pada bagian 1, dari bawah ke atas.
  2. Pada bagian 1, alurnya menghadap ke atas.
  3. Pada bagian 2, bagian yang datar menghadap ke atas, sedangkan bagian yang agak cembung segitiga menghadap ke bawah.
  4. Pada bagian nomor 3, ada tulisan “UP” yang harus menghadap ke atas.
  5. Bagian 4-6, susun sesuai foto saya aja. Hadapkan ke atas bila di foto menghadap ke atas.

how to use munchkin food grinder

  1. Setelah instruksi di atas diikuti dengan baik, seharusnya bagian C (seperti di foto) sudah terbentuk.
  2. Kali ini, letakan bagian B di atas meja (persis posisinya seperti di foto).
  3. Ambil bagian A, posisikan seperti di foto, lalu masukkan ke bagian B dari atas. Namun jangan terlalu dalam, yang penting nyantol aja, mungkin masukkan sekitar 2 cm saja.
  4. Untuk bagian C, dipisahkan saja dulu. Nanti akan digunakan untuk menggiling, setelah makanan yang akan diolah masuk ke Grinder.

Cara Menggunakan Munchkin Food Grinder

munchkin food grinder instruction

  1. Sekarang, seharusnya posisi sudah seperti di foto ke-3 di atas ini (kecuali, bagian C memang seharusnya belum terpasang seperti di foto).
    Nah, this is the fun part. Are you ready to try? :)
  2. Masukkan makanan yang akan diolah ke SPACE (seperti di foto). Paling gampang dicoba adalah alpukat yang sudah dikerok, atau pisang yang sudah dipotong kurang lebih dengan panjang 3 cm.
  3. Pasang bagian C ke bagian A+B yang sudah dirakit tadi. Harusnya akan ada bunyi ‘klik’ ketika Anda pas memasangkannya.
  4. Pegang bagian A+B dengan tangan kiri Anda, lalu pegang pemutar bagian C dengan tangan kanan.
  5. Tekan tangan kiri Anda ke bawah sampai makanan di SPACE habis, sambil memutar bagian C.
    Tips: Harusnya tidak akan terlalu sulit (tapi memang perlu tenaga), karena di bagian A tersebut ada lekukan di bagian bawahnya, yang menurut saya memang dirancang untuk menahan jari-jari tangan (kiri) ketika menekan ke bawah.
  6. Voila! Jadi deh! Tuang makanan yang sudah tergiling, langsung ke mangkuk atau piring. So simple, so easy, yah yah yah? 😀

Di Mana Beli dan Harga Munchkin Food Grinder

Saat postingan ini ditulis, harganya sekitar Rp.200.000,-. Bisa dibeli di sini untuk cek harga dan ketersediaan:

Please note that we will receive a little commission from Lazada & Blibli.com if you choose to purchase via the link above. This does not affect the price you pay – you are getting the best possible deal. If you would like to support this blog running, please click on the above link if you decide to purchase. Thank you for stopping by! 😉

 

Nah, semoga postingannya berguna ya. Karena waktu itu cari tutorial lengkapnya susah bangettt.. Sampe ke YouTube juga ga ada yang terlalu jelas. Selamat ber-MPASI ria, buibu! :)

Read on: Other Useful Baby Gears

 

XO, Diana



TAGS
RELATED POSTS
1 Comment
  1. Yuli

    February 22, 2016

    Love this blog so much!! Useful and informative, mulai dari traveling sampe review produk2. Apalagi sekarang uda punya anak jg, tambah cocok dengan content blognya krn ada sharing ttg traveling with kid. Thanks for sharing! – Yuli, Mommy Kait, 6 months old –

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com