Pilihan Transportasi Motor Mobil di Bali
BaliTransportation

Pilihan Transportasi Motor Mobil di Bali

By on July 20th, 2017

Salah satu pertanyaan paling sering dari teman-teman atau keluarga yang mau datang ke Bali adalah transportasi motor mobil di Bali, karena memang transportasi umum di sini masih agak susah. Jadi kalau ke Bali harus sewa motor atau mobil dong? Ternyata nggak juga kok. Nah apa saja pilihannya? Berikut kami kupas tuntas tentang transportasi di Bali.

Transportasi Motor Mobil di Bali

Rental Mobil Bali

Buat kamu yang berkunjung bersama keluarga atau group teman-teman, lebih baik untuk menyewa mobil. Kelebihan bila kita menyewa mobil di Bali adalah kita bisa mencapai destinasi di Bali yang lokasinya cukup jauh dari penginapan tempat kita tinggal. Namun ada juga kelemahan mobil nih: berhubung jalan-jalan di Bali terutama di daerah Kuta, Legian dan Seminyak yang cukup sempit dan padat jadi siap-siap sabar kalau macet dan juga susah cari parkir.

Ada beberapa pertimbangan bila kamu ingin menyewa mobil:

  1. Jumlah penumpang, ini menentukan mobil jenis apa yang harus disewa, mulai dari city car kecil, mobil penumpang 7 seater sampai minivan yang  kapasitasnya bisa sampai 12 orang
  2. Siapa yang nyetir, ini menentukan apakah kamu sewa mobilnya sama sopir, atau sewa mobilnya saja. Biasanya untuk sewa mobil saja dihitung per 24 jam, sementara bila menggunakan sopir dihitung per setengah hari (5 jam) atau per hari (kurang lebih 10 jam).
  3. Manual atau matic, ini tergantung dari yang nyetir hehe..
  4. Berapa hari, ini menentukan harga. Kalo lebih dari seminggu, biasanya kamu bisa nawar.
  5. Drop-off dan pick-up points, ini terkait itinerary kamu, mau dianter dan dijemput mobilnya di mana. Kebanyakan rental mobil mau drop free di sekitar airport, kuta, dan denpasar. Kalo di luar daerah itu dan jauh2, bisa jadi ada biaya tambahan.

Sewa Motor Bali

Sejauh pengalaman kami, motor memang transportasi paling cocok untuk explore Bali. Selain lebih mudah nyelip-nyelip di jalan kecil, kita juga lebih gampang untuk parkir karena banyak tempat di Bali memiliki tempat parkir yang terbatas. Walaupun memang dari segi kenyamanan, motor tidak akan senyaman mobil, apalagi kalo bawa anak kecil atau di musim hujan.

Untuk menyewa motor, biasanya kita bisa menyewa mulai dari harian (per 24 jam), mingguan atau bulanan. Jenis motor yang disewakan di Bali kebanyakan bertipe skuter matik, tetapi ada juga yang menyewakan motor besar seperti motor trail, ataupun yang sudah dilengkapi dengan rak untuk papan surfingSewa motor murah di sini.

Transportasi Umum di Bali

Taxi / ojek Online (Uber / Grab / Go-Jek)

Bila kamu memilih untuk menggunakan transportasi umum, taxi online adalah salah satu yang paling nyaman untuk digunakan di Bali. Selain tarif yang sangat masuk akal, taxi online juga mempunyai standar kenyamanan yang cukup baik. Di Bali saat ini ada 3 operator taxi online yang beroperasional, yaitu Uber, Grab dan Go-jek. Secara pribadi, kami merekomendasikan Grab untuk mobil (daripada Uber) karena mereka punya call center dan harganya cenderung lebih murah sedikit, dan Go-Jek untuk motor.

Buat yang belum pernah pake Grab, dapetin kode promo-nya di sini.

Taxi online, terutama yang berjenis mobil agak sulit diakses di beberapa tempat wisata di Bali seperti area Canggu, Kuta, Legian, Seminyak, Sanur dan Ubud, termasuk di Bandara. Di area-area tersebut, kebanyakan taxi online hanya diperbolehkan untuk drop off saja, jadi agak sulit bila kita ingin naik taxi online dari daerah-daerah ini (karena menyaingi taksi lokal). Jadi kita harus sedikit pakai trik bila memang masih mau menggunakan taxi online dari daerah-daerah ini.

Taxi

Taxi di Bali (terutama di daerah wisata) bisa kita temui hampir setiap 500 meter. Taxi memang jadi pilihan yang paling mudah ditemui, walaupun banyak juga yang tidak suka dengan taxi di Bali terutama taxi-taxi yang tidak mau menggunakan argo dalam menetapkan tarif. Kami merekomendasikan untuk menggunakan Blue Bird taxi, karena selain tarif yang lebih pasti, sekarang Blue Bird juga sudah mempunyai aplikasi mobile lho, sehingga lebih mudah dalam memesan taxi:

Sementara bila kamu tiba di Bandara Ngurah Rai, taxi bandara bisa dijadikan pilihan. Tarif taxi bandara ini sudah ditetapkan berdasarkan area drop off dan dibayarkan di loket taxi bandara sehingga tarifnya lebih bisa dipercaya. Kita bisa menemukan loket taxi bandara ini tidak jauh dari pintu keluar terminal kedatangan, baik domestik maupun internasional. Selain taxi bandara, memang ada juga mobil-mobil yang terdaftar sebagai transport resmi bandara, tarifnya hampir sama dengan taxi bandara tetapi terkadang kita perlu sedikit negosiasi dengan supir bersangkutan.

Bus Kura Kura Bali

Kura Kura Bus ini adalah shuttle bus yang melayani rute ke Ubud, Sanur, Kuta, Legian, Jimbaran dan Nusa. Kura Kura Bus ini mulai beroperasional dari mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 23.50 tergantung rute. Jangan membayangkan bus besar, karena Kura Kura Bus ini menggunakan mini-van ELF dengan kapasitas 12 – 29 tempat duduk.

Moda transportasi ini juga cukup nyaman, karena fasilitas di dalam bus terbilang cukup lengkap, seperti soket listrik dan free-wifi di dalam bus, bahkan di bus yang berkapasitas 29 tempat duduk disediakan tempat koper. Selain itu, operator Kura Kura Bus juga menyediakan asuransi bagi semua penumpang, jadi moda transportasi ini selain nyaman, juga aman.

Rute Kura Kura Bus Bali

Source: kura2bus.com

Untuk mengetahui jadwal, rute dan lokasi drop points Kura Kura Bus, bisa dilihat melalui:

Selain untuk melihat informasi, kita juga bisa melakukan pemesanan tiket melaui website dan mobile apps ini. Sementara dari segi harga, Kura Kura Bus cukup terjangkau, dan bagi kamu yang membawa anak-anak di bawah 2 tahun masih belum dikenakan biaya sejauh tidak membutuhkan kursi sendiri.

Trans Sarbagita

Trans Sarbagita ini bisa dibilang adalah satu satunya tranportasi umum yang disediakan dan dioperasikan oleh pemerintah provinsi Bali. Trans Sarbagita ini merupakan mode transportasi bus besar yang melayani beberapa rute yang mencakup wilayah Denpasar, Bangli, Gianyar dan Tabanan, hanya saja Trans Sarbagita ini hanya melewati jalan besar (by pass) saja. Tarifnya cukup murah hanya saja memang bisa dibilang tidak terlalu diminati baik oleh warga mauapun turis karena jadwal bus yang tidak pasti dan keadaan halte yang kurang baik di beberapa tempat. Kita bisa melihat rute lengkap Trans Sarbagita ini di website Pemprov Bali.

Tips Memilih Transportasi Motor Mobil di Bali

  • Sesuaikan mode transportasi motor mobil di Bali yang cocok dengan gayamu. Kenyamanan, jumlah orang yang berpergian, rute dan tarif bisa dijadikan pertimbangan.
  • Bagi yang membawa anak, saat ini cukup banyak juga tempat penyewaan car seat jadi anak-anak tetap aman dan nyaman juga.
  • Hati-hati atas penipuan atau supir nakal yang menjebak dengan tarif, jadi sebaiknya bertanya dulu sebelum naik kendaraan atau deal dengan supir.
  • Bila kamu menyewa kendaraan baik motor atau mobil, sebaiknya cek dulu keadaan kendaraan sebelum menyewa. Bila perlu, bisa tes dulu mengendarai motor atau mobilnya sebelum mulai menyewa, jadi kamu bisa tes rem-nya, keadaan ban, dll.

Semoga ulasan kami tentang pilihan transportasi motor mobil di Bali ini bisa membantu dan memudahkan kamu dalam memilih moda transportasi di Bali ya! :)

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com