8 Aktivitas Asyik di Pulau Serangan Turtle Island Bali
BaliNature & Parks

8 Aktivitas Asyik di Pulau Serangan Turtle Island Bali

By on August 30th, 2017

Nah, kali ini kami mau ceritain salah satu tempat favorit kami untuk menghabiskan waktu di akhir pekan: Pulau Serangan Turtle Island Bali. Kami suka banget nih main kesini, karena selain dekat dengan rumah, juga karena cukup banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Pulau yang  dikenal juga dengan nama Turtle Island ini.

Pulau Serangan sendiri sebelumnya merupakan sebuah pulau sendiri yang, secara administratif, masuk ke dalam wilayah Kota Denpasar. Dulunya, warga harus menaiki jukung, atau jongkong (perahu kecil), untuk menuju pulau ini demi mengunjungi Pura Sakenan yang merupakan salah satu dari enam pura suci yang ada di Pulau Bali, kemudian pemerintah membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Serangan dan Pulau Bali agar kita bisa mencapai pulau ini menggunakan kendaraan roda empat atau dua.

Lahan di pulau ini bisa dibilang terbagi menjadi 2 bagian: 1) lahan umum yang dijadikan pemukiman warga, 2) lahan yang sekarang masih kosong dan bisa diakses oleh pengunjung, rencananya akan dikelola oleh PT Bali Turtle Island Development — nah, biasanya kami main-main ke area ini nih. Jadi bisa ngapain aja sih di Pulau Serangan? Ada 8 aktivitas menarik yang bisa kamu pilih atau lakukan semuanya, haha..

Aktivitas Asyik di Pulau Serangan Turtle Island Bali

1. Piknik

Piknik Cantik Bersama Keluarga

Piknik Cantik bersama Keluarga

Kami paling sering piknik ke pulau ini nih, dari rumah bawa tikar, hammock, bantal kecil, ukulele, plus makanan dan minuman, udah bahagia deh :)

Berhubung di pulau ini masih banyak banget lahan-lahan kosong, jadi kita bisa explore spot-spot camping yang sesuai selera. Di Pulau Serangan ini terdapat beberapa danau yang terbentuk dari air laut yang terjebak di dataran rendah, spot ini kece banget lho buat piknik karena di sekelilingnya banyak pohon yang cukup rindang dan ada sedikit rerumputan jadi tidak terlalu berdebu sehingga cocok banget kalau kita mau piknik di siang hari. Selain itu, kita bisa juga cari spot di pinggir pantai dengan pemandangan jalan tol Bali Mandara dan Pelabuhan Benoa.

2. Camping (Berkemah)

Selain piknik, kita juga bisa camping di beberapa spot di pulau ini walaupun kami sendiri belum pernah camping di sini karena lokasinya terlalu dekat untuk pulang ke rumah, haha.. Tapi buat yang berencana camping di sini, kami sarankan menggunakan tenda tropis atau bisa juga tidur di hammock karena udaranya cenderung panas ala tepi pantai. Selain itu, hati-hati juga saat kita menyalakan api unggun, karena di sini cukup banyak dahan-dahan kering yang mudah terbakar.

3. Memancing

Memancing di Pulau Serangan

Memancing di Pulau Serangan

Buat Anda yang hobi memancing, boleh juga nih bawa alat pancing Anda saat berkunjung ke sini. Beberapa kali kami bertemu mereka yang sedang asyik memancing di tepi pantai, ada juga beberapa yang berburu belut di area pantai yang surut. Nah ini bakal cocok banget kalau mancing sambil piknik, siapa tahu ikannya bisa langsung dibakar dan disantap bersama-sama hehe…

4. Main Sepeda

Main sepeda di pulau ini juga cukup seru, karena rute dan kondisi jalannya yang masih sepi dan berkelok-kelok jadi kita bisa explore cukup banyak tempat menggunakan sepeda. Hanya saja, kegiatan ini sebaiknya dilakukan sebelum gelap karena, di pulau ini, belum banyak lampu penerangan jalan sehingga saat gelap, kita akan kesulitan mencari arah kembali dan bisa saja tersesat.

5. Main Layangan

Main Layangan !!!

Main Layangan !!!

Berhubung Diana lagi tergila-gila main layangan, kami coba-coba kemarin ini bawa layangan ke Pulau Serangan. Ternyata asyik banget lho, anginnya kenceng dan lapangan tempat mainnya luaaaasss banget : ) Hanya saja, layangannya mungkin tidak bisa terlalu tinggi diterbangkan di sini karena lokasinya cukup dekat dengan bandara sehingga banyak pesawat lepas landas. Ga pengen kan, layangan kita malah nyangkut di pesawat? hahaha..

6. Surfing (Berselancar)

Pulau Serangan juga dikenal sebagai salah satu spot surfing yang digemari di Bali lho. Untuk mendapat ombak, surfer harus berenang cukup jauh ke arah laut atau bisa juga menggunakan perahu. Di pulau ini terdapat juga surfing course, dan kami sempat melihat beberapa anak-anak berlatih surfing di bagian pantai yang ombaknya cukup kecil.

7. Turtle Conservation and Education Center Bali

Ga salah ya pulau ini dinamakan “Pulau Serangan Turtle Island Bali”, karena di pulau ini terdapat tempat konservasi penyu. Di Turtle Conservation and Education Center ini, kita bisa belajar mengenai penyu, melihat tukik dan, bila jadwalnya pas, kita bisa juga ikut melepas tukik ke laut. Tempat ini cocok banget buat Anda yang membawa anak-anak karena tempat pembelajaran seperti ini sangat baik untuk anak-anak karena mereka bisa melihat langsung. Anda bisa menghubungi kontak mereka di sini.

8. Water Sport (Permainan Air)

Kalau biasanya Anda bermain di Tanjung Benoa, sekali-kali bisa juga bermain water sport di Pulau Serangan Turtle Island Bali ini, seperti flyboard, parasailing dan banana boat. Operator water sport di Pulau Serangan memang tidak seramai di Tanjung Benoa, jadi area bermainnya masih cukup luas.

Lokasi Pulau Serangan Turtle Island Bali

Untuk mencapai Pulau Serangan ini cukup mudah:
Bila Anda menggunakan kendaraan, Anda bisa masuk menuju pulau ini lewat pintu masuk yang berada tepat di seberang Lotte Mart jalan By Pass Ngurah Rai — hanya ada satu Lotte Mart di Bali.

 

Semoga informasi dan pengalaman kami bermain di Pulau Serangan Turtle Island Bali ini bisa menjadi pilihan Anda baik saat menghabiskan waktu di akhir pekan atau saat berlibur di Bali

 

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS
2 Comments
  1. deddyhuang.com

    September 11, 2017

    Pulau Serangan ini tinggal dipoles lagi bakalan bisa hits kayak Nusa Penida ya.

  2. Eko Octavianus

    September 11, 2017

    Butuh lebih banyak diliput sama traveller lain nih hahaha…

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com