Tai Po Waterfront Park Review
Hong KongNature & Parks

Tai Po Waterfront Park Review in Hong Kong

By on May 18th, 2016

Tai Po Waterfront Park review kali ini ditulis untuk attraction di daerah Tai Po, salah satu daerah pemukiman yang cukup jauh dari pusat kota / central area di Hong Kong. Di sini, Diana punya keluarga dan daerah ini punya taman-taman yang keren, karena itu kami memutuskan untuk menghabiskan beberapa hari di sini. Berikut ulasan dan review kami tentang taman ini.

 

Tai Po Waterfront Park Review

Di Tai Po Waterfront Park ini, tamannya luassss banget. Di sana ada banyak fasilitas, baik untuk anak-anak, keluarga, jomblo, komunitas TKI (sering banget ketemu tenaga kerja dari Indonesia yang lagi jalan-jalan di sana), hingga orang tua. Pada dasarnya ini taman biasa, cuma lebih lengkap daripada taman lain di Hong Kong yang biasanya cuma terdiri dari 1 fungsi, misalnya zoo park, atau fountain park, atau playground, dll.

Tai Po Waterfront Park ini terletak di salah satu titik tinggi di bukit, dan terletak di sepanjang Tolo Harbour, sehingga bisa melihat harbour dari tower tertingginya. Nah, apa saja yang bisa kita lakukan di Tai Po Waterfront Park ini?

 

What to Do in Tai Po Waterfront Park

Di Tai Po Waterfront Park review ini, kami membahas lengkap tentang hal yang bisa dilakukan di sana:

  1. Jalan, lari, jogging
    Dengan adanya Promenade (jalan di sisi sisi sepanjang Tolo Harbour), juga dengan adanya track yang bagus hampir di seluruh taman, kita bisa sekedar jalan santai, ataupun jogging di sini. Taman ini banyak dijadikan sebagai fasilitas olahraga bagi warganya, lho.
  2. Bersepeda
    Nah, di sini juga ada track khusus untuk sepeda. Jadi yang di luar, bisa masuk pake sepeda lewat track itu, begitu juga dengan yang di dalam taman, disediakan sepeda untuk disewa. Biasanya, hari Minggu, rameee banget, semua pada ke sini untuk berekreasi.
  3. Belajar
    Nah, di sini juga ada fasilitas Insect House, yaitu fasilitas indoor dan full AC, yang berisi segala sesuatu tentang serangga, dan bisa jadi daya tarik dan sarana belajar bagi anak-anak. Kemarin, setelah kepanasan, kita ngadem dulu di sini. Di dalamnya, juga ada teropong dengan manipulasi penglihatan sama seperti penglihatan serangga.

    Tai Po Waterfront Park Insect House

    Lala sampe nungging2 liat pake teropong di Insect House

  4. Main di playground
    Di seantero taman ini, ada beberapa playground outdoor, di mana anak-anak dijamin seneng ke sini. Tapi, sehabis hujan, di sini bisa banyak nyamuk karena banyak tanaman, jadi, pastikan pakai obat nyamuk yaa..
  5. Main layangan & piknik
    Di sini juga banyak space terbuka dengan rerumputan. Jadi selain main layangan, di sini juga memungkinkan sekali untuk piknik. Malah, kemarin yang main layangan di sana orang-orang tua lho. Menyenangkan sekaliii pokoknyaaa.. :p
  6. Spiral Lookout Tower
    Nah, ini nih bintangnya. Di Tai Po Waterfront Park, ada tower tinggi yang naiknya ga pake tangga, haha.. Jadi jalannya landai miring melingkar gitu. Sampe atas, di ketinggian 32.4 meter, kita bisa melihat ke harbour dan laut di sana, bahkan bisa melihat seantero Tai Po. Tapi , kalo seantero Hong Kong, belum bisa denk, hehe.. :)
    Tapi, akses ke tower ini akan ditutup bila ada pengumuman typhoon atau cuaca buruk, karena bisa berbahaya berada di atas sini dalam cuaca seperti itu.
  7. Nonton pertunjukkan
    Karena ada amphitheatre, di sini kita bisa nonton kalo ada pertunjukkan. Tapi, pas 2 kali kami ke sana, belum ada pertunjukkan apa-apa, jadinya cuma dipakai duduk-duduk aja amphitheatre-nya.
  8. Main kapal-kapalan
    Di Model Boat Pool, waktu itu kita pernah liat orang-orang pada main kapal dengan remote kontrol. Seru deh!
  9. Lainnya
    Fasilitas lainnya juga ada bowling greens, gateball court, dan western garden. Di sini juga tersedia fasilitas toilet, beberapa tempat penjual makanan dan minuman, vending machine, dll. Lengkap deh!

 

Lokasi Tai Po Waterfront Park

Lokasinya terletak di area Tai Po, sekitar 30 KM dari Central. Tapi dengan banyaknya transportasi umum di Hong Kong, Tai Po dapat dengan mudah dicapai dalam kurang dari 1 jam.

Lihat peta

 

How to Get There

Dikutip dari website resmi TPWP, berikut adalah salah satu cara ke Tai Po Waterfront Park:

The Park is accessible by KMB Bus routes 72A, 73, 73X, 75X, 271, 275R, 275S, 275, 74K, 75K, 71K, and 71S and MTR Feeder Bus route K17. Members of the public can also reach the Park by KMB Bus route 71K or a 30-minute walk from the Tai Po Market MTR Station. Visiting groups which take tour buses should contact the Park Office for boarding and alighting arrangements prior to the date of visit.

Tapi, kalo mau cari bus atau MRT, baca di sini tentang: 

 

Tai Po Waterfront Park Entry Fee

Gratis! That’s why we loveeeee Hong Kong! Mereka banyak menyediakan fasilitas taman bagi warganya untuk beraktivitas fisik, dan warganya juga turut menjaga fasilitas tersebut. :)

Nah, kita juga bisa dong melakukan hal yang sama di Indonesia? 😉

 

Tai Po Waterfront Park Opening Hour

Di sini tidak ada loket tiket atau apapun, jadi bisa dibilang buka terus 24 jam untuk tamannya. Akses ke taman untuk umum dibuka bebas. Namun, memang ada jam buka untuk beberapa fasilitas di dalamnya, yaitu:

Insect house : 8:00am – 7:00pm
Spiral lookout tower : 7:00am – 7:00pm
Bowling greens : Mon (except PH) Close
Tue to Fri 8:00am – 1:00pm &
6:00pm – 10:00pm
Sat, Sun & PH 8:00am – 10:00pm
Gateball court : 7:00am – 6:00pm
Other park facilities : 24 hours

 

Tai Po Waterfront Park Map

Tai Po Waterfront Park Map

Click to enlarge

 

Tips Tai Po Waterfront Park Review

Setelah 2 kali ke sini, ini beberapa tips saat mengunjungi Tai Po Waterfront Park:

  1. Bawa minum, karena tamannya gede bangettt.. Pasti haus. Kalo ga mau repot, bisa siapin Octopus Card atau uang receh, untuk beli minuman mineral botol dari vending machine di sana. Walaupun, di sana juga ada sejenis restoran kecil juga sih..
  2. Bawa payung, soalnya berabe sekali kalo hujan, tempat teduhnya sedikit, kecuali fasilitas indoor seperti insect house tadi. Tapi di sana tersedia banyak ramalan cuaca kok. Baiknya dibaca dulu sebelum ke sini :)
  3. Pake sepatu kets, karena kalo ga naik sepeda, pasti banyak jalan, menanjak, ataupun naik turun tangga. Bisa gempor sepertinya kalo pake high heels ya 😀
  4. Obat nyamuk, terutama untuk bayi atau anak kecil.
  5. Rame-rame, biar ga garing, bosan, sepi dan sendiri aku benci. Kalo sendiri, takutnya jadi galau seperti Rangga. Hahahahaaaa, maaf, soalnya belum bisa move-on dari AADC 2 :p

 

Segitu aja, semoga bermanfaat ya. Buat yang mau tanya-tanya, boleh langsung komentar di bawah :)

 

Tai Po Waterfront Park

Address: Dai Hei St, Tai Po, Hong Kong
Phone: +852 2664 2107
Website Resmi

 

XO, Diana
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com