8 Tempat Wisata di Nusa Penida yang Asyik & Kece
AdventureBali

8 Tempat Wisata di Nusa Penida yang Asyik & Kece

By on September 19th, 2017

Tempat Wisata di Nusa Penida ini banyak, tempatnya juga deket dari Denpasar tempat kami tinggal, tapi kami baru pertama kali ke sini buat jalan-jalan bareng keluarga. Kok bisa?

Ceritanya, bulan Agustus lalu bertepatan dengan ulang tahunnya Lala. Jadi, kakek-nenek alias semua grandparents dari Palembang maupun Bandung pada mau dateng buat ngumpul sama cucu. Nah, kalau mereka dateng ke Bali, pasti sekalian minta diajak jalan-jalan dong, sementara mereka kayaknya udah agak bosen kalau ke tempat-tempat wisata di Bali (cieh, gayaa). Akhirnya, tercetuslah ide ngajak mereka ke Nusa Penida, karena mereka belum pernah nih explore tempat wisata di Nusa Penida dan lokasinya juga lumayan oke, karena ga berasa ‘berangkat’ dari Bali tapi masih di Bali #lho #kok 😀

Awalnya kami ragu, karena setahu kami, tempat wisata di sini kan lumayan ekstrem. Kalo coba bawa 1 anak, masih bisalah diurus. Tapi kalo bawa orang tua, mereka akan kewalahan gak ya? Akhirnya, itinerary pun disusun dan dipilah-pilah sedemikian rupa supaya semua sama-sama enak. Nah, karena kali ini kami bawa Lala beserta 4 orang tua yang mungkin ritme travelling akan berbeda-beda, tentunya kami ingin memastikan semua transportasi dan akomodasi oke, jangan sampe ada yang kelewat.

Satu lagi hal yang ga penting tapi penting kalo bawa keluarga besar: biayanya! haha.. Bayangin itu semua tiket dari transportasi dan penginapan udah berapa orang? Pastinya, kami pengen cari yang murah tapi ga murahan kan? Karena itu,dari jauh-jauh hari kami sibuk booking sana-sini, termasuk tiket penerbangan mereka dari kota asal dan penginapan kami di Nusa Penida. Ternyata, repot juga ya haha.. (ya iya biasanya cuma pergi bertiga aja) :p

Setelah cukup repot cari harga dan booking sana-sini, jatuhnya kok mahal juga ya karena bookingnya terpisah-pisah. Akhirnya, kami ketemu dan langsung booking lewat paket wisata Traveloka ke Nusa Penida yang ternyata gampang dan praktis banget, karena kita bisa langsung booking tiket pesawat dan penginapan sekaligus, dan pas banget ada paket wisata ke Nusa Penida. Setelah dibanding-bandingin, harganya juga lebih murah daripada kami booking secara terpisah antara tiket pesawat grandparents dan penginapan kami. Jadi, buat kalian yang berencana ke Nusa Penida atau destinasi lain, bisa cobain nih fitur paket wisata di Traveloka.

Paket Wisata ke Nusa Penida

Nah, setelah beres urusan tiket pesawat dan akomodasi, sekarang waktunya kami sibuk buat detail itinerary tempat-tempat wisata di Nusa Penida yang cocok untuk segala umur. Ada apa aja sih di Nusa Penida? Berikut ada 8 tempat wisata di Nusa Penida yang menurut kami kece dan asyik banget buat dijelajahi : )

 

8 Tempat Wisata di Nusa Penida yang Asyik & Kece

1. Pura Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri

Nah, sejak pertama kami mau ke Nusa Penida, Diana sudah excited banget pas itinerarynya ke pura ini. Dari foto-fotonya aja udah eksotis, gimana kalo lihat aslinya? Pastinya unik banget! Mau tahu kenapa?

Pertama, pura ini berada di dalam goa (walaupun kata yang benar menurut kbbi adalah ‘gua’ hehe), dan akses masuk ke dalam goa ini hanya sebuah lubang kecil yang muat untuk ukuran 1 orang dewasa lho. Nah, setelah masuk melewati lubang ini, kita harus jalan merunduk sekitar 3 meter sampai akhirnya kita bisa berdiri di bagian goa yang tinggi dan luassss banget. Beberapa penerangan sudah dipasang walaupun masih cukup gelap, jalan setapak menuju pura yang rata selebar 1 meter juga sudah tersedia, hanya saja, udara di dalam gua cukup lembap (ya iya lahhh, namanya juga di dalam gua, hehe..).

Akses Masuk ke Pura Goa Giri Putri

Akses Masuk ke Pura Goa Giri Putri

Alasan kedua adalah adanya patung atau altar Dewi Kwan Im yang terdapat di dalam gua ini dan lokasinya tidak jauh dari pura. Nanti kami akan tulis di blog post terpisah ya mengenai sejarah dan cerita mengenai keunikan pura ini. Tapi yang membuat kami terkesan adalah bagaimana umat mayoritas Hindu di Bali juga menghormati dan menghargai Patung Dewi Kwan Im ini sebagai bagian dari budaya mereka sendiri.

2. Pantai Atuh

Kalau ke Nusa Penida ga lengkap kalau ga ke pantai, atuuhh.. haha. Eh tapi ini bukan ‘atuh’ yang Bahasa Sunda itu lho, tapi emang namanya Pantai Atuh :)

Pantai yang terletak di Tenggara Pulau Nusa Penida ini memang kece banget dengan pemandangan laut, pasir putih, dan tebing yang luar biasa indah. Untuk sampai ke pantai ini, kita harus berkendara kurang lebih 1,5 jam dari daerah Ped atau Buyuk, di mana kebanyakan fast boat bersandar di Nusa Penida. Nah, setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki; saat ini, sudah ada jalan setapak sampai ujung tangga sebelum kita menuruni tebing yang menuju ke pantai. Tapi karena jalur tebing ini cukup curam dan melelahkan, jadi tidak disarankan bagi orang tua atau anak-anak untuk turun ke pantai ya. Tapi buat yang pengen ngerasain dahsyatnya Pantai Atuh, wajib banget turun atuhh.. 😀

3. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies

Nah, ga jauh dari Pantai Atuh, kita akan melewati jalan dengan pemandangan bukit-bukit hijau yang cantik nan unyu berlatarbelakangkan lautan biru. Kumpulan bukit ini dikenal sebagai Bukit Teletubbies-nya Nusa Penida, kita bisa berhenti di jalanan yang cukup tinggi untuk menikmati keindahan pemandangan bukit hijau dan laut yang woow ini, tapi di sini anginnya lumayan kenceng lho : )

Jadi jangan kaget kalau kalian lagi muter-muter nyari jalan terus ada petunjuk jalan ke arah Bukit Teletubbies ini, tenang di sana ga ada Tinky Winky, Dipsy, atau Pho, kalau Lala sih ikut emak bapaknya donk : )

4. Mata Air / Air Terjun Guyangan

Ada lagi nih salah satu tempat wisata di Nusa Penida yang unik banget, namanya Mata Air Guyangan. Tempat ini adalah salah satu sumber air tawar di Nusa Penida. Tapi, yang bikin tempat ini unik adalah lokasinya yang terletak di sisi tebing, sehingga untuk bisa sampai ke sini, kita harus menuruni tangga besi yang dipasang di sepanjang sisi tebing.

Nah, butuh nyali yang cukup besar juga nih untuk menuruni tangga ini, karena walaupun tangganya cukup kokoh dan diselimuti sedikit pepohonan, tapi tangganya tidak sepenuhnya tertutup sehingga kita bisa melihat langsung ke tebing dan laut di bawahnya; dannn.. saat jalan kembali naiknya juga lumayan lho, karena panjang jalur tangga yang harus kita lewati ini kurang lebih 450 meter dengan kemiringan yang cukup curam.

Tetapi memang, semua rasa lelah akan terbayar lunas ketika sampai di lokasi. Di sini, airnya segerrr banget, apalagi kita bisa sambil berendam menikmati pemandangan laut luas.

Di tempat ini juga terdapat pelinggih atau tempat sembahyang kepada Kanjeng Ratu Roro Kidul atau Dewi Penguasa Laut Selatan; jadi bagi warga Hindu Bali, tempat ini juga dijadikan tujuan wisata religi.

5. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking

Pantai Kelingking

Pantai Kelingking ini bisa dibilang jadi salah satu ikon tempat wisata di Nusa Penida, pantai yang terletak di bawah tebing sebuah tanjung dengan bentuk yang sangat indah dan pasir putih yang kece banget buat foto-foto. Kita bisa foto-foto dari sisi tebing di bagian atas berlatarbelakangkan bentuk Pantai Kelingking yang unik dan laut biru yang begitu ciamik dipandang mata.

Buat yang punya adrenalin dan tenaga lebih, bisa juga turun ke bawah dan langsung merasakan pasir putih yang super lembut dan menggoda itu. Jalan menuju pantai ini masih berupa jalan setapak dengan pagar dari batang pohon yang dibuat swadaya oleh warga setempat; jalur untuk turun ini cukup berat dan kami tidak menyarankan bila Anda turun bersama anak-anak atau orang tua. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk turun ke bawah dan mungkin lebih saat naik kembali :)

6. Crystal Bay

Selama ini, saya dan Diana cuma ke Crystal Bay lewat laut naik kapal untuk diving, jadi belum sampai menginjakkan kaki ke pasir putih pantai yang terlihat menggoda banget. Crystal Bay ini adalah teluk dengan pantai berpasir putih yang cocok buat leyeh-leyeh sambil nyantai, apalagi di pantai ini juga masih banyak banget pohon kelapa sehingga cokpis (cocok pisan, kalo kata orang Sunda mah) kalau pake hammock sambil baca buku atau sekedar main ukulele :)

Jalan menuju Crystal Bay ini mudah dicapai dari tempat parkir dan tidak curam. Di sini juga ada cukup banyak restoran dan warung yang menjual makanan, sehingga cocok bila Anda ingin menghabiskan waktu cukup lama di sini. Dari arah pantai, kita bisa melihat sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, di mana terdapat gua yang berisi banyak sekali kelelawar dan, uniknya, kita bisa masuk ke gua ini dari bawah laut dengan diving lho. Keren banget yah? Kami juga belum pernah, masih ngeri-ngeri sedep gitu dehh, tapi pingin juga sih, haha..

7. Pasih Uug / Broken Beach

Pasih Uug atau Broken Beach

Pasih Uug atau Broken Beach

Pasih Uug atau Broken Beach ini juga tempat wisata di Nusa Penida yang ikonik: pantai yang terletak di sebuah teluk di mana air laut masuk ke pantai tersebut melalui lubang di bawah “jembatan” alami. Dari sini, kita bisa melihat bagaimana kerasnya ombak menghantam gugusan tebing Pulau Nusa Penida yang ada di seberang sana. Menghabiskan waktu duduk sambil menikmati pemandangan di sini bisa membuat kita lupa waktu lho, apalagi kalo bareng si “ehem” :)

8. Angel Billabong

Angel Billabong

Angel Billabong

Kalian pernah bayangin ga, berendem di kolam alami yang super jernih sambil lihat pemandangan laut luas? Angel Billabong mungkin bisa masuk jadi kandidat kolam alami paling kece nih: airnya super bening dan membentuk cerukan yang membentuk sebuah kolam dengan air laut. Tempat ini terletak di lokasi yang berdekatan dengan Pasih Uug / Broken Beach dan berada di antara bebatuan karang yang cukup tajam. Dulu, kita bisa berenang cantik ala celeb instagram di sini, tetapi beberapa waktu lalu, tempat ini ditutup buat yang mau berenang atau berendam karena saat ombak cukup keras, kita bisa terseret arus ke arah lautan dalam.

Tips Jalan-Jalan ke Tempat Wisata di Nusa Penida

Sebelum Anda berangkat ke Nusa Penida, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal berikut agar  perjalanan bisa lebih asyik (terutama bila Anda membawa anak-anak atau orang tua seperti kami waktu itu)

Transportasi

Satu-satunya alat transportasi dari Bali ke Pulau Nusa Penida adalah melalui laut, baik menggunakan fast boat ataupun kapal feri. Menurut kami, fast boat adalah pilihan yang paling pas dan mudah karena selain cepat dan ekonomis, kita juga bisa berangkat dari beberapa titik (seperti dari Pantai Sanur, Pantai Kusamba, atau dari Pelabuhan Padang Bai). Kebanyakan operator fast boat ke Nusa Penida ada di Pantai Sanur dengan 3-4 kali jadwal keberangkatan dari dan ke Nusa Penida per harinya. Dengan fast boat, perjalanan memakan waktu tempuh kurang lebih 45 menit sampai 1 jam sekali jalan.

Bila Anda berencana ke Nusa Penida, kami sarankan untuk booking dulu tiket fast boat ini 1 atau 2 hari sebelum keberangkatan, terutama bila berangkat bersama rombongan. Setibanya di Nusa Penida, Anda bisa menyewa motor atau mobil untuk explore tempat wisata di Nusa Penida ini. Jalanan di Nusa Penida cenderung berbukit-bukit dan di beberapa tempat, seperti jalan menuju Pantai Kelingking dan Broken Beach, kondisi jalannya masih pasir dan berbatu, sehingga pengendara motor sebaiknya berhati-hati saat menge-rem kendaraan agar tidak terpeleset.

Apa Aja yang Harus Dibawa ?

Ada beberapa barang yang penting banget untuk dibawa kalau mau ke Nusa Penida, supaya jalan-jalannya tetep asyik dan maksimal :)

  • Pakaian. Bila Anda berangkat menggunakan fast boat, sangat disarankan untuk menggunakan celana pendek, karena terkadang air laut sedikit tinggi sehingga celana pendek bisa menjadi pilihan yang nyaman. Lalu, karena angin di Nusa Penida bisa jadi cukup kencang sewaktu-waktu, jangan lupa membawa jaket atau kain juga :)
  • Obat-Obatan. Bagi Anda yang punya riwayat mabuk laut, sebaiknya minum obat anti mabuk dulu sebelum naik fast boat, siapin kantong plastik juga boleh untuk jaga-jaga, hehe.. Siapkan juga beberapa obat seperti obat anti masuk angin, minyak angin, dan juga obat luka karena jalan yang berkelok-kelok saat naik mobil di Nusa Penida mungkin saja bikin mabuk perjalanan. Ada sedikit tips (mitos) nih dari grandparents-nya Lala biar ga mabuk perjalanan: tutup dan tempel pusar pake bawang putih yang sudah dikupas :)
  • Air Minum. Cuaca di Nusa Penida cenderung panas terik, jadi sebaiknya Anda membawa air minum yang cukup banyak ya, apalagi untuk mencapai beberapa tempat wisata di Nusa Penida ini medan jalannya cukup melelahkan.

 

Bila Anda berencana untuk explore banyak tempat wisata di Nusa Penida, lebih baik untuk bermalam minimal 1 malam di Nusa Penida karena bila hanya 1 hari (day trip) saja, mungkin kita hanya bisa mengunjungi 3-4 tempat saja. Pusat keramaian dan pelabuhan di Nusa Penida ada di sekitar pesisir utara pulau, yaitu di daerah Ped dan Buyuk, jadi memang di daerah ini memiliki cukup banyak pilihan penginapan dan tempat makan.

Nah, udah siap dong buat explore tempat wisata kece di Nusa Penida? 😉 Oya, jangan lupa buat cobain booking tiket+hotel di paket wisata Traveloka ke Nusa Penida yang praktis dan murah. Lumayan kan, duit lebihnya bisa dipake buat beli kelapa muda sampe kembung haha.. “Spend less, worry less!”

 

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS
4 Comments
  1. rahma

    September 20, 2017

    Pengen ke sini, tapi kalo muternya jalan kaki jauh ya. Ga bisa naik motor oi…

  2. Eko Octavianus

    September 20, 2017

    Wooh iya kalau jalan kaki mah jauh karena pulaunya cukup besar 😀 Mungkin bisa sewa mobil dengan supir atau sekarang cukup banyak daily trip ke Nusa Penida jadi bisa share cost juga hehe..

  3. Casmudi

    September 21, 2017

    Salam kenal ya. Saya juga sekarang tinggal di Bali. Silahkan mampir ke blog saya.

  4. Eko Octavianus

    September 22, 2017

    Halo Mas Casmudi, iya kita pernah ketemu di acaranya Citilink dan KitaINA kok : ) Kapan-kapan kalau ada kumpul blogger lagi kabar-kabarin ya hehehe..makasi udah mampir ke blog kami

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com