Tempat Wisata di Taman Nasional Alas Purwo
JavaNature & Parks

Tempat Wisata di Taman Nasional Alas Purwo

By on March 28th, 2017

Pekan lalu saat libur Nyepi di Bali, untuk pertama kali sejak tinggal di Bali, kami travelling di Hari Nyepi. Kali ini, kami mengunjungi beberapa tempat wisata di Taman Nasional Alas Purwo yang dilanjutkan ke beberapa tempat lain di Jawa Timur.

Lokasi Taman Nasional Alas Purwo

Alas Purwo terletak di bagian paling timur Pulau Jawa. Setelah menyebrang dari Gilimanuk, kami mengarahkan kendaraan ke arah Selatan melewati Kota Banyuwangi dan terus sampai masuk ke wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Bila kita mencari direction ke Taman Nasional Alas Purwo di google map pasti tidak akan muncul dan beberapa orang diarahkan ke Kantor Balai Taman Nasional Alas Purwo yang sebenarnya terletak masih dekat dengan Kota Banyuwangi. Oleh karena itu, bila Anda menggunakan google map, lebih baik mencari direction ke arah Pantai Pancur yg berada di dalam Taman Nasional dan merupakan gerbang terakhir sebelum menuju Pantai Plengkung yang merupakan salah satu destinasi yang paling ramai dikunjungi di Taman Nasional Alas Purwo ini. Klik di sini untuk melihat peta.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Alas Purwo

Berikut adalah daftar harga tiket masuk ke tempat wisata di Taman Nasional Alas Purwo:

  1. Rombongan Pelajar / Mahasiswa (min. 10 orang)
    • Mancanegara Rp. 100.000/org/hari
    • WNI Rp. 3.000/org/hari
  2. Pengunjung
    • Mancanegara Rp. 150.000/org/hari
    • WNI Rp. 5.000/org/hari
  3. Kendaraan
    • Roda Dua Rp. 5.000
    • Roda Empar Rp. 10.000
  4. Penelitian Nusantara
    • < 1 bulan Rp. 100.000/org
    • 1-6 bulan Rp. 150.000/org
    • 7-12 bulan Rp. 250.000/org
    • Ijin Pengambilan Sampel Rp. 50.000/ijin
    • Angkut Sampel (SATS-DN) Rp. 35.000/SATS-DN
  5. Penelitian Mancanegara
    • < 1 bulan Rp. 5.000.000/org
    • 1-6 bulan Rp. 10.000.000/org
    • 7-12 bulan Rp. 15.000.000/org
    • Ijin Pengambilan Sampel Rp. 500.000/ijin
    • Angkut Sampel (SATS-DN) Rp. 40.000/SATS-DN

Tempat Wisata di Taman Nasional Alas Purwo

Ada beberapa tempat wisata di Taman Nasional Alas Purwo yang bisa kita kunjungi, yaitu:

  • Pantai Plengkung. Pantai ini adalah pantai yang paling banyak dikunjungi di Taman Nasional Alas Purwo, dan terkenal di kalangan penggila surfing. Pantai ini dikenal sebagai salah satu spot surfing terbaik di Indonesia. Di lokasi ini terdapat 3 perusahaan yang diberikan ijin oleh pihak taman nasional untuk mengelola wisata surfing dan juga menyediakan akomodasi di Pantai Plengkung ini. Kita tidak bisa menggunakan kendaraan sendiri untuk mencapai Pantai Plengkung, semua kendaraan hanya bisa masuk sampai Pantai Pancur untuk kemudian dilanjutkan menggunakan kendaraan yang dikelola oleh pihak taman nasional bersama warga lokal untuk sampai di Pantai Plengkung.
  • Pantai Pancur. Pantai Pancur ini adalah lokasi terakhir di mana kita bisa mengendarai kendaraan pribadi. Pantai ini sendiri cukup unik karena terdapat sungai yang mengalir sepanjang tahun dan menjadi sumber air tawar di taman nasional ini; Oleh karena ini dinamakan Pancur karena air “mancur” yang mengalir ini. Di Pantai Pancur ini terdapat camping ground, masjid, warung makan dan juga kamar mandi yang bisa kita gunakan.
  • Pantai Trianggulasi. Pantai ini terletak sebelum Pantai Pancur, pantainya sangat indah dan sepi. Di pantai ini terdapat wisma yang digunakan oleh petugas dan juga mereka yang melakukan penelitian di Taman Nasional Alas Purwo. Di pantai ini kita dapat bermain sepuasnya di pantai berpasir putih yang luas dan indah, dan juga sangat tepat untuk melihat sunset. Pada bulan April – November terdapat 4 jenis penyu yang bertelur di area pantai ini, yaitu penyu belimbing, sisik, abu-abu dan hijau.
  • Pantai Ngagelan. Pantai ini digunakan sebagai tempat pemeliharaan tukik dan anak penyu yang menetas, di sini juga kita bisa melepas tukik ke laut. Hanya saja, saat kami berkunjung ke sana, bangunan tempat pemeliharaan tukik sedang direnovasi dan akses jalan menuju pantai tidak bisa dilewati karena hujan deras beberapa hari sebelumnya.
  • Pantai Cungur. Pantai Cungur ini terletak di bagian barat Taman Nasional Alas Purwo. Pantai ini sering digunakan bagi para pecinta burung dan fotografer untuk melihat burung-burung yang bermigrasi sepanjang tahun melewati pantai ini.
  • Sadengan. Sadengan adalah lokasi yang digunakan untuk melakukan pengamatan banteng. Waktu terbaik untuk melakukan pengamatan banteng ini adalah sekitar pukul 06.00-09.00 atau 15.30-17.00. Di sini kita bisa mengamati banteng melalui menara pandang dan menggunakan teropong.
  • Tempat Wisata di Taman Nasional Alas Puwo Lainnya. Selain tempat-tempat di atas, masih ada beberapa tempat lain yang dapat kita kunjungi selama di Taman Nasional Alas Purwo. Misalnya saja, wisata goa dan Makam Gandrung yang bisa dicapai dari Pantai Pancur, kemudian Pantai Kayu Aking dan Perpat, dan juga wisata mangrove di Bedul. Selain itu, terdapat juga Pura Luhur Giri Salaka yang sampai sekarang masih sering dikunjungi umat Hindu untuk ziarah.

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Taman Nasional Alas Purwo

Akses jalan di Taman Nasional alas Purwo ini masih cukup jelek, sehingga lebih baik bila Anda menggunakan kendaraan yang cukup tinggi, walaupun sedan dan kendaraan kecil masih bisa lewat. Beberapa bagian, terutama setelah melewati pos jaga, sudah baik dan diaspal mulus. Selain itu, sebaiknya kita juga memperhatikan faktor cuaca agar perjalanan Anda tidak terkendala oleh cuaca. Pihak Taman Nasional Alas Purwo juga sudah mempunyai website yang cukup informatif dan lengkap, Anda bisa lihat melalui tnalaspurwo.org

 

Nah, selamat traveling! :)

 

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com