Wisata Kuliner Wajib di Palembang
CitySumatraTop List

Wisata Kuliner Wajib di Palembang (Halal & Non Halal)

By on November 28th, 2015

Setiap kali pulang ke kampung halaman Diana di Palembang, kami selalu membuat list untuk daftar kuliner di Palembang, yaitu semua yang ada di daftar Wisata Kuliner Wajib di Palembang (Halal & Non Halal) ini. Alasannya cuma satu: soalnya kalo ga dibuat, jadwal jadi kacau dan ga semua makanan akan keuber.. :p

Nah, langsung aja, berikut kami rangkum [Top List] Wisata Kuliner Wajib di Palembang (Halal & Non Halal). Oya, untuk lokasi pastinya, kadang ga ada merknya, tapi coba tanya orang lokal sana, atau bisa juga kontak kita atau tinggalin comment di bawah postingan, kalo ada yang ketemu lokasinya :)

Untuk mempermudah, kami bagi menjadi 2 kategori besar, yaitu Halal & Non-halal. Lalu kami bagi lagi menjadi Sarapan/Makan Siang/Makan Malam, untuk mempermudah pembagian waktunya :)

 

HALAL

Sarapan

Carrot cake khas Singapore di Palembang

Carrot cake khas Singapore

Carrot cake ala Singapore, di Lapangan Hatta (pagi-siang)
Di sini juga jual Bak Kut Teh, dll.

 

Nasi Gemuk Palembang

Nasi ‘Gemuk’

Nasi uduk (kalo orang Palembang bilang ‘Nasi Gemuk’), beli di pasar tradisional. Sebenarnya ini nasi uduk + telur dadar iris + ikan asin goreng gurih + cabe merah + kacang goreng + sedikit tempe goreng. Eko paling suka, nih!

 

Sarapan / Makan Siang

Mie celor palembang

Mie celor

Mie celor ’26 Ilir’. Jangan lupa makan pake kerupuk yang dicelup kuahnya. Hmm..
Biasanya saya makan untuk sarapan ataupun makan siang.

 

Martabak telor HAR Palembang

Martabak telor

Martabak telur ‘HAR’ di Jend. Sudirman.
Sebenarnya ada beberapa tempat lain yang juga menjual martabak serupa, seperti di Pujasera Veteran. Ada yang lebih suka rasa martabak yang di sana. Personal taste sih ya..

 

Makan Siang

Pindang patin palembang

Pindang patin

Pindang ikan patin ‘Pindang Meranjat’ di Jl. Demang Lebar Daun, adalah merk yang paling terkenal. Ada beberapa tempat lain yang pindangnya juga maknyus. Foto di sini adalah pindang patin dari daerah Sekanak. Oya, jangan lupa pesan sama ikan goreng seruang pake sambel (bisa sambel mangga). Haduh, heaven deh.. Pedes, asem, hangat, pas hujan udah ga ada yang nandingin. Siap-siap nambah nasi ya..

 

Makan Malam

Mie kuah sapi Sayangan Palembang

Mie kuah sapi

Mie kuah sapi di Sayangan. Kuahnya manis dan asli dari kaldu sapi. Maknyus banget kalo dimakan saat hujan, pake sedikit cabe.. Tsaaahhh..

 

Ayam Puspa Sari Palembang

Source: Foodspotting.com

Ayam kalasan ‘Puspa Sari’. Aslinya ada di Jl. Jend. Sudirman yang dekat Kamboja. Tapi sekarang ada lantai paling atas, ‘Eat Street’, di Mall Palembang Icon.

 

Ayam Bakar pagi sore Palembang

Makanan padang Pagi Sore

Ayam goreng ‘Pagi Sore’ Palembang. Di restoran padang Pagi Sore ini, paling terkenal ayam gorengnya. Tapi makanan lainnya juga oke, terutama rendang-nya yang suka dibungkus untuk dibawa ke luar kota. Tinggal beli, pisahkan per porsi, bekukan di freezer, lalu bisa dibawa atau dikirim deh..

 

Snack

Es Belimbing Ahun Palembang

Es Belimbing ‘Gang Ahun’, Sayangan, Palembang

Es belimbing ‘Gang Ahun’ di dekat Sayangan (pagi-siang)
Banyak jajanan lain juga di lorong ini, seperti pempek panggang dos, tekwan, model gandum, pempek, kerupuk, dll.

 

Martabak manis Kings Palembang

Martabak manis Kings

Martabak manis bangka di Pulo Mas (sore-malam).
Tempat jual martabak satu ini terkenal banget, terutama terkenal minyak dari menteganya yang banyak banget tapi bikin enak hahaha.. Buka dari jam 3 sore sampe habis (biasanya 10 malam).

 

Es Mamat Palembang

Es Mamat

Pempek Lenggang Panggang Palembang

Pempek Lenggang & Panggang

Es kacang merah ‘Mamat’ di Lapangan Hatta (pagi-sore)
Di sini, banyak gerobak yang jual es kacang merah, pempek panggang, pempek lenggang, model gandum, mie celor, tekwan, dll.

Ada juga yang jual Es kacang merah lain yang enak, yaitu di ‘tekwan Toshiba’ di Dempo (pagi-siang). Haduhh, kacangnya manis, lembut, dipadukan dengan es serut, pake alpukat dll, dimakan sama tekwan/model/pempek udah paling pas..

 

Model gandum Palembang

Model gandum paling enak di Palembang, di 888

Pempek khas Palembang

Beragam pempek campur. Disajikan biasanya 10 biji per piring. Makan berapa, dihitung berapa.

Model khas Palembang

Model khas Palembang. Basically pempek tahu besar yang digoreng, dipotong lalu dikasih kuah. Enak.

Tekwan khas Palembang

Tekwan

Otak-otak khas Palembang

Pempek panggang & otak-otak. Kalo otak-otak, makannya pake cuka merah lebih mantap.

Pempek, tekwan, model, mie celor, dll di 888, Kenten, Palembang (pagi-sore).
Suka datang ke sini pas baru datang ke Palembang, karena sejalan dari bandara ke rumah. Lengkap, segala ada, jadi puas makannya. Es kacang juga ada, beserta sarikaya khas Palembang.

 

Roti bakar Sumatra di Palembang

Burger, pisang bakar, roti bakar

Roti bakar & burger ‘Sumatra’ di Jalan Veteran (pagi-malam).
Ini resto jadul, jadi rotinya paling enak deh. Lembut dan ala kampung gitu lah.. Simple but tasty!

 

Burgo Lakso Laksan Palembang

Burgo, laksan, lakso, lontong, buncis, telor rebus dengan kuah kari khas Palembang

Burgo, lakso, laksan ‘Enok’ (yup, saya ga typo) di Jalan Segaran, 14 Ilir (pagi-siang).
Di foto ini sudah sepaket lengkap. Boleh dicoba. Very local.

 

Kacang hijau Sayangan Palembang

Kacang hijau campur kacang putih (bahasa mandarinnya: “ie mie”)

Kacang hijau di Sayangan (malam).
Belinya hangat. Tapi kalo ga habis, simpan di kulkas. Sajikan dingin untuk sarapan juga enak.

 

NON HALAL

Sarapan / Makan Siang

Mie Aloy Palembang

Mie Aloy

Mie ‘Aloy’ di Dempo. Dia juga punya banyak cabang di Jakarta & satu cabang di Bandung.

 

Mie pangsit kuah An Lok Sayangan Palembang

Mie pangsit kuah An Lok

Mie pangsit kuah ‘An Lok’ di Sayangan. Pangsit kuah di sini paling enak sedunia. Kalo mie babi banyak yang enak di seantero Palembang, tapi untuk mie kuah, cuma di sini yang enak. Tokonya ga ada merk An Lok, tapi terletak di simpang tiga antara Sayangan & Jl. Rustam Effendi.

 

Makan Malam

Kwetiau goreng Atak Sayangan Palembang

Kwetiau goreng ‘Atak’ Sayangan

Kwetiau goreng ‘Atak’ di Sayangan. Kwetiau di sini beda dengan di daerah lain. Di Palembang, kwetiaunya lebih tebal dan terbuat dari tepung beras. Jadi personally, saya kurang suka kwetiau yang tipis alias ‘transparan’. Jadi kalo pulang, wajib makan kwetiau 😀

 

Kwetiaw goreng jambi di Palembang

Kwetiaw goreng ala ‘jambi’

Kwetiaw siram jambi di Palembang

Kwetiaw siram ala ‘jambi’

Kwetiau Jambi (siram/goreng) ‘A Liong Top One’, Jl. Dr. M. Isa.
Udah disebut kan ya kalo ke Palembang, saya wajib makan kwetiau. Nah, termasuk kwetiau Jambi ini. Kwetiau Palembang tidak ada yang siram. Jadi kalo cari kwetiau siram di Palembang, ya cari kwetiau ala ‘Jambi’. :)

 

Mie Terang Bulan Palembang

Mie ‘Terang Bulan’ Palembang

Mie ‘Terang Bulan’ di Masjid Lama.
Tempat ni sudah terkenal. Begitu juga terkenal yang jualnya jutek dan antrinya lama :p PLUS, kalo ke sini mau bungkus, dia ga nyediain plastik. Jadi kalo ga bawa rantang sendiri, ya ga dikasih kuah, hehe.. Oya, tiap Senin doi libur.

 

Mie Alun Palembang

Mie ‘Alun’, Sayangan, Palembang

Mie ‘Alun’ di Sayangan

 

Tips untuk Wisata Kuliner Wajib di Palembang

Untuk puas kulineran di Palembang, sebaiknya menghabiskan paling tidak 4-7 hari. Transportasi di sini sangat gampang, kebanyakan menggunakan becak. Selain itu, sebagian besar posisi kuliner terletak di pusat kota, dekat Sayangan, sehingga sangat berguna bila mau mempertimbangkan untuk tinggal di daerah ini. Bilapun tempat yang agak jauh, dapat menggunakan taksi, atau penyewaan mobil.. Paling enak sih, pas saya di sana, pasti saya ajak jalan-jalan kulineran, hehe.. :)

Selamat menjelajah cita rasa Palembang, ya! :)

 

XO, Diana

 

Lihat Top List lainnya.

TAGS
RELATED POSTS
12 Comments
  1. ratna

    August 23, 2016

    mba diana,mohon info donk,kalo sayangan tepatnya dekat mana ya?dan untuk pempek,kemplang & oleh2 lainnya di toko apa yg enak?saya rencananya nginep di arista hotel,jln kapt.a.rivai.tengkyuuuu yaaa

  2. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    August 26, 2016

    Halo Mba, terima kasih sudah mampir :)
    Untuk mie sapi sayangan, tepatnya setelah Lorong Panglong. Untuk pempek dll, enaknya ke toko 888 di Kenten atau Beringin di Dempo. Dari Arista Hotel bisa pake mobil kok krn kalo Palembang rasanya deket ke mana2 :)
    Semoga membantu yaaaa..

  3. Lukas Wijaya

    October 22, 2016

    Yg carrot cake ala singapore di lapangan hatta, tepatnya di mana ya?

  4. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    November 2, 2016

    Namanya resto Alien, kalo masuk dari jalan veteran ke arah lapangan hatta, dia ada di sebelah kiri jalan sebelum sampe lapangan hatta-nya. Jalannya ga terlalu besar, cukup mobil untuk satu jalur. Banyak orang tahu, nanti sampe sana coba tanya orang aja lagi, dia ada jual nasi tim juga, mie goreng, dll. Semoga ketemu tempatnya ya :)

  5. Yunek

    March 12, 2017

    Kalo kwetiau non halal bisa dicoba tu ‘kwetiau ateng’, tp kdg ada jg seh yg plesetin ‘kwetiau bakteng’ .. haha.. t4 na ada di jl pepera/sei baung.. gk ad merk seh.. dan t4 na gk trlalu terlihat dr jl… coz kbnykn lwat trima order (call), bwa k jkrt jg bs ?… u/ yg ingin coba, tny aja org ktrunan sn or tlp aj.. o ya.. dsna yg terkenal bak gorengny/ ‘chaubak’ gorengny garing” gitu … emm..

  6. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    March 13, 2017

    wahh, makasih infonya! 😀

  7. Zulkifli

    May 17, 2017

    Maaf mbak, utk mie atet masuk gol yg mano (halal atau non halal), penasaran byk kwn yg ke kasano, tapi kami masih ragu, tq

  8. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    May 17, 2017

    Halo :)
    Mie Atet yang di Lapangan Hatta kan? Aku blm prn cubo, tapi tmn aku pernah, katonyo halal kok. :)

  9. Faridilla Ainun

    August 9, 2017

    Yaaaa, setuju, model gendum paling enak emang di 888, boleh nambah kuah lagi , trus campur pempek kulit yg digoreng crispy. hehehe

  10. Diana Suciawati

    Diana Suciawati

    August 10, 2017

    aduh jadi ngilerrr bayanginnya. jauh nih kalo mau pulang kampung hahaha..

  11. Keluarga Petualang

    September 22, 2017

    Paling suka Pempek sama Mie Celor 26 ilir. Sama es kacang merah waktu itu nyicipnya di Pempek Beringin 😀

  12. Eko Octavianus

    September 22, 2017

    Woohh iya juara deh Mie Celor 26 Ilir 😀 Woh blum pernah cobain nih es kacang merah di Beringin, biasanya selalu ke Es Mamat..Bulan depan kami ke Palembang lagi siap dijajal deh hehehe..Salam kenal 😀

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture
Advertisement Smell Like Home
(c) Smell Like Home, 2017 Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.
Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com