Hotel Terbaik di Vietnam untuk Keluarga
Stay Vietnam

Hotel Terbaik di Vietnam untuk Keluarga yang Gak Bikin Bokek

on
September 6, 2022

Selama 14 hari di Vietnam, kami mampir ke beberapa kota, seperti Ho Chi Minh, Da Nang, Hoi An, Hanoi, dan Sa Pa. Karena membawa 2 anak kecil, penting banget kami perlu memilih hotel terbaik di Vietnam untuk keluarga. Nah, sebelum membeli hotel, ada baiknya kamu tahu 5 Hal Wajib Tahu Sebelum Jalan-jalan ke Vietnam tanpa Tour. Beberapa kriteria yang menjadi filter utama kami saat memilih penginapan di Vietnam, yaitu:

  • Dalam kondisi Covid yang belum menentu, kami mencari yang “Free Cancellation” untuk berjaga-jaga kalau ada perubahan rencana mendadak.
  • Selain itu, kami juga memilih “Tanpa Sarapan” agar pilihan makan makanan enak di Vietnam lebih terbuka, hahaha.

Karena pergi dengan anak-anak (3 dan 7 tahun), kami mencari beberapa hotel yang family-friendly, di mana mereka biasanya punya family-room, yaitu ada 2 double bed dalam 1 kamar. Kalau AirBnB, kami bukan kebetulan dapat yang 1 rumah dengan 2 kamar yang tidak terpisah tembok, jadi anak-anak tetap dapat kami awasi tapi mereka punya space sendiri.

Berikut beberapa akomodasi di Vietnam untuk keluarga yang kami tinggali selama di Vietnam. Reviewnya bisa cari sendiri online ya. Jadi kami tulis yang personal aja ya 😊

Hotel di HO CHI MINH District 1 dengan Kamar Keluarga

Asian Ruby Center Point Hotel

(IDR 600ribuan/malam)

BIG PLUS: Lokasi strategis. Enak karena walking distance ke Hai Bà Trưng, katedral, post office, waterbus station, dan area lain yang ingin kami datangi.

PLUS: Termasuk murah di lokasi premium-nya Ho Chi Minh.

Sisanya standar aja, tipe-tipe penginapan di kota besar yang lahannya terbatas gitu. Elevatornya sempit, tapi ya lucu juga jadinya tipe-tipe elevator di Eropa gitu, sekali keluar langsung lorong yang sempit juga haha.. Tidurnya enak karena ranjangnya ada 2 double bed. Showernya panas dan airnya kencang.

Mau nginep sana lagi gak? Mungkin nggak, mau cobain yang lain aja.

Hotel di DA NANG Vietnam dengan Family Room

Euro Star Riverside Hotel

(IDR 300ribuan/malam)

Euro Star Riverside Hotel Da NangSource: (c) SmellLikeHome.com

BIG PLUS: Alamatnya gampang di pinggir jalan besar dan sudah ada di map, jadi gampang banget kalau mau pesen Grab Food gak perlu susah-susah jelasin alamat persisnya ke drivernya.

PLUS: Ownernya baik, dia nungguin walaupun kita check-in jam 12 malem, dan motor kita pas nginep semalem di sana disimpenin di garasi di basementnya dia. Jadi ini ky family hotel ya, jadi gak buka terus 24 jam dengan resepsionis yang siap sedia gitu..

Sisanya standar. Kamar enak, 2 double bed, AC dingin, air shower panas dan kencang. Tapi ukuran kamar aja agak kecil, tapi ada balkon – dan tergantung belinya tipe kamar apa kan haha..

Mau nginep sana lagi gak? Mungkin nggak karena mau cobain yang lain yang lebih deket pantai.

Family Hotel HOI AN Vietnam, Kamarnya Luas

Tam Hong Phuc Homestay Hotel

(IDR 400ribuan/malam)

Meskipun termasuk kategory homestay (karena kami mau tinggal di daerah Ancient Town), tapi penginapan ini adalah salah satu hotel terbaik di Vietnam untuk keluarga kami.

BIG PLUS: Kamarnya suite, gede!! Ada dapur kecil, ruang tamu, luass.. anak-anak suka banget. Ini adalah salah satu akomodasi di Vietnam untuk keluarga favorit kami.

BIG PLUS: Host-nya super ramah & helpful!! Kami dikasih rekomendasi tempat makan enak, dibantuin sewa motor, dibantuin kasih tau alamat detail ke sopir taksi, dan bisa dihubungi 24 jam karena dia tinggal di kamar di lantai 1 hahahaaa..

PLUS: Ada kolam renang yang lebih tepat disebut plunge pool buat nyelup-nyelup doang, tapi gak pernah sempet kita pake sih haha.. Dan, pinjem sepeda gratis.

Ada tangga sih, tapi tangganya manusiawi (gak kayak di Hanoi) dan kami dikasih kamar di lantai 2, dan dibantuin juga naikin/turunin kopernya.

Mau nginep sana lagi gak? Mau banget!!

Penginapan Ramah Keluarga di HANOI

Pendahuluan dulu ya. Menurut saya, mencari hotel terbaik di Vietnam untuk keluarga, terutama di Hanoi, dapat menjadi lebih sulit karena harganya cenderung lebih mahal dibanding kota lain. Dibanding Ho Chi Minh pun, harga hotelnya bisa sama tapi fasilitas lebih downgrade. Itulah kenapa kami menginap 2 kali di kota ini, dan keduanya pakai AirBnB.

AirBnB: Meraki Home

(Sekitar US$ 43 / malam)

AirBnB Meraki Home HanoiSource: (c) SmellLikeHome.com

BIG PLUS: walking distance ke Hanoi old quarter area.

PLUS: Ada bunk-bed, anak-anak seneng banget.

MINUS: Tangganya tangga puter dan sempit, jadi susah banget naikin kopernya.

Sisanya standar, nyaman, dan aman. Check-in nya gampang. Letaknya di daerah orang tua gitu deh, masuk lorong, trus di dalemnya ada rumah-rumah lagi. Seru sih 😊

Mau nginep sana lagi gak? Mungkin sih, kalo gak ada yang lebih oke dan lebih murah.

AirBnB: Cozy vintage home in Quan Thanh Street

(Sekitar US$ 22 / malam)

BIG PLUS: Restoran seafood enak di depan gang nya. Cobain snail saus telor asinnya deh! Yum!

PLUS: Cukup gede. Anak-anak jadi leluasa. Modelnya duplex, jadi ada 1 double bed di atas dan 1 double bed di bawah.

MINUS: Location, harus ada motor nih mendingan kalo mau jalan-jalan. Dan tempat sewa motor terdekat itu gak walking-distance. Dan, personally aku entah kenapa kurang suka aura rumahnya ya. Lembab gitu karpet di atas, dan selama tidur di sana, semuanya sakit aja gantian.

Ada dapur sih, tapi kompor listriknya gak nyala. Ada kulkas sih, tapi gak dinyalain juga, jadinya kupake untuk jadi lemari snack aja hahaha.. Ada TV sih, untungnya bisa nyala beneran dan ada saluran TV cable nya hahahaaa…

Mau nginep sana lagi gak? No, thanks!

Di Hanoi, kami lebih memilih AirBnB karena relatif lebih murah dibanding hotel – untuk fasilitas yang mirip, sama, atau bahkan lebih baik. Selain itu, karena sudah mau pulang, jadi kami mau tinggal di “rumah” supaya anak-anak lebih nyaman juga karena pasti mereka sudah capek jalan selama sekitar 10 hari.

Family Homestay Terbaik di SA PA Vietnam

Mega View Homestay

(IDR 300ribuan/malam)

Mega View Homestay Sa PaSource: (c) SmellLikeHome.com

Di kota di pegunungan ini, tidak banyak hotel berbintang 4 apalagi 5. Tapi, tempat yang kami tinggali termasuk hotel terbaik di Vietnam untuk keluarga kami.

BIG PLUS: Super nice, friendly, and helpful host (suami-istri)! Ini walau namanya homestay, tapi pelayanannya udah mirip hotel bintang 4+ guys. Mereka kesannya agak to-the-point kalo ngomong, ceplas ceplos, tapi entah kenapa rasanya dekat dengan semua tamu.

PLUS: Breakfastnya enak dan murah. Cuma VND 50.000,- per orang sudah dapet makanan utama dan minum yang bisa dipilih. Kalo breakfast di luar dengan menu yang sama bisa lebih mahal.

Di Sa Pa itu, hotelnya modelnya agak-agak terlalu hotel semua ya, dan ini menurutku nyaman dan matching gitu dengan area pegunungan.. Bangunannya pun terawat.

MINUS: Tangga. Aja. Sih. Haha.
Dari jalan gede ke homestaynya tangga lumayan guys, TAPI host-nya bantuin kok naikin/turunin koper ke sana.
Sampe ke dalemnya, kami dapet di lantai 5, juga pake tangga guys 🥲 Lumayan jadi olahraga sih Si Eko hahahahahhaa..

Mau nginep sana lagi gak? Hmm, mau deh.

Nah, itu daftar hotel terbaik di Vietnam untuk keluarga yang pernah kami coba. Semoga ulasannya bermanfaat dan bisa membantu semua yang baca yaa.. Untuk update dan foto-foto saat kami ke Vietnam, bisa follow Instagram Smell Like Home kami 😊

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Latest Spotify Podcast

(c) Smell Like Home, 2020.

Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.

Eko, Diana & Ariella
Bali, Indonesia

Hi, we are a family of 3, who loves to spend our time together, and traveling is just one of the reasons. We share the best PLACE & TIPS in Indonesia with kids. We always believe that faith & love come first, and other things will follow. Join our adventure updates and discover the essence of family traveling with us!

Disclaimer

(c) Smell Like Home, 2017

Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.