Pengalaman Naik ATV di Bali bersama Keluarga
ActivityAdventureBaliDestinations

Pengalaman Naik ATV di Bali bersama Keluarga

By on June 1st, 2021

Bermain ATV di Bali bersama keluarga merupakan salah satu aktivitas yang bisa dijadikan pilihan aktivitas outdoor di Bali, apalagi di saat pandemi seperti sekarang, karena kegiatannya dilakukan di alam terbuka dan bisa dilakukan dalam group kecil sehingga terhindar dari kerumunan. Kami sendiri sempat bermain ATV bersama anak-anak sebanyak 2x, yaitu di Gianyar (lanskap hutan) dan di dekat Tanah Lot (lanskap pantai). Keduanya memiliki sensasi berbeda. Berikut ulasan lengkap kami tentang bermain ATV di Bali bersama keluarga.

Lokasi Bermain ATV di Bali bersama Keluarga

Secara umum, ada dua lokasi utama di mana operator ATV di Bali, yaitu:

  1. Di daerah Gianyar (dekat area Ubud),
  2. Di Tabanan (dekat area Tanah Lot).

Keduanya memiliki medan dan tantangan yang berbeda, jadi bisa disesuaikan dengan keadaan, kemampuan dan juga suasana yang dirasakan. Berikut detail lengkap masing-masing lokasi untuk bermain ATV di Bali bersama keluarga.

Bermain ATV Bali di Gianyar Ubud

Dengan kondisi perbukitan dan sungai di sekitarnya yang menarik untuk dijelajahi menggunakan ATV, area sekitar Ubud (mulai dari Singapadu sampai Payangan) memiliki banyak operator ATV. Highlight saat bermain ATV di lokasi ini adalah: kita akan banyak melewati medan perbukitan, sawah, gua dan juga sungai-sungai kecil.

Biasanya, kegiatan bermain ATV akan dimulai dari medan datar di area persawahan untuk berlatih terlebih dahulu, lalu kita akan mulai diajak menuruni bukit yang cukup terjal untuk turun ke area hutan dan sungai dangkal yang bisa dijelajahi menggunakan ATV, bahkan kita bisa menemukan beberapa air terjun kecil hingga sedang di beberapa spot.

Setelah itu, kita akan menjelajah masuk ke gua panjang yang ukurannya dibuat sesuai untuk ATV — dan ini SUPER SERU karena selain gelap, sensasi masuk gua itu buat adrenalin kita bergejolak. Lalu, kita akan kembali menyusuri hutan ke area persawahan dengan menaiki bukit yang cukup terjal juga.

Oya, sebelum bermain ATV di Bali bersama keluarga, Lala dan Kai kami warning dulu sih supaya mereka tahu bahwa kita akan bersama mereka meskipun kita akan melewati medan yang ekstrem atau gelap, sehingga mereka tidak akan takut saat bermain.

Suasana Bermain ATV di Ubud GianyarSource: (c) SmellLikeHome.com

Medan ini termasuk cukup menantang, bahkan untuk orang dewasa sekalipun, karena bukitnya cukup terjal sehingga membutuhkan stamina yang kuat agar dapat menahan posisi ATV saat mengantri dalam group. Namun, operator di sini sudah cukup cekatan dan selalu memberi tahu kami dengan pro-aktif, sehingga kami dapat tahu apa yang akan menanti di depan sana. Yang paling penting adalah, tetap tenang dan fokus. Meskipun harga sudah termasuk asuransi, tapi lebih baik jangan terpakai kan ya 😀

Untuk anak-anak, karena mereka ‘tandem’ atau dibonceng (di depan ataupun belakang) bersama kami, sebenarnya tidak masalah asal dipakaikan belt yang cukup kencang dan aman. Operator kami sendiri menyediakan kain yang dapat dipakai untuk mengikat mereka ke tubuh kami agar tidak terjatuh — namun alangkah baiknya bila kita membawa carrier sendiri, seperti Eko yang memakai Baby Ergo Carrier untuk membawa Kai dengan lebih aman.

Bermain ATV Bali di Tanah Lot Tabanan

Pilihan area lain bermain ATV di Bali bersama keluarga adalah di area Kerambitan Tabanan yang tidak jauh dari Tanah Lot dan Canggu. Highlight bermain ATV di daerah sini adalah area pantai yang luas dan sedikit persawahan yang cenderung datar.

Seperti pengalaman sebelumnya, kegiatan ATV dimulai dari daerah datar untuk berlatih — dalam hal ini adlaah persawahan. Setelah itu, kita akan melewati sedikit jalan raya menuju ke pantai yang luasssssss sekali. Pantai berpasir hitam tersebut memiliki garis pantai yang sangat panjang dan kita juga akan melewati muara sungai, melewati beberapa tebing karang yang indah, bahkan ada air terjun kecil yang bermuara di pantai. Bila masih sempat, kita juga bisa minta mampir ke area bukit melewati sedikit jalan kecil di area hutan untuk menikmati pemandangan dari atas bukit.

Suasana Bermain ATV di Tanah Lot TabananSource: (c) SmellLikeHome.com

Bermain ATV di area pantai ini cenderung lebih santai dan tidak terlalu menguras fisik dibandingkan bermain di area perbukitan. Selain itu, kita juga bisa lebih leluasa mengarahkan ATV serta menambah kecepatan. Bonusnya: karena menghadap ke Barat, kita juga dapat menikmati pemandangan cantik berupa matahari terbenam saat bermain ATV, cocok banget deh untuk foto-foto karena kita bisa berhenti kapan saja di lanskap yang datar dan luas.

Dari segi safety pun, bermain ATV di sini cenderung lebih aman, kita hanya perlu memperhatikan pengunjung pantai atau motor lain yang kadang berseliweran di sekitar pantai juga. Pilihan ini cocok untuk Anda yang tetap ingin berpetualang tanpa terlalu menguras fisik dan adrenalin.

Tips Bermain ATV di Bali bersama Keluarga

Harness Anak-AnakSource: (c) SmellLikeHome.com

Berikut beberapa tips dari kami untuk bermain ATV di Bali bersama keluarga :

  • Pilih lokasi yang sesuai dengan karakter dan keinginan anggota keluarga.
  • Gunakan pakaian siap basah (walau tidak selalu akan basah). 
  • Bawa carrier / boncengan / kain serta helm untuk anak-anak. Tidak semua operator menyediakan helm ukuran anak atau tali pengikat untuk anak kecil, sehingga lebih baik untuk menyiapkannya sendiri terlebih dahulu.
  • Siapkan spray anti nyamuk / serangga, karena ATV banyak dimainkan di area outdoor seperti sawah, sungai, hutan, atau pantai yang mungkin ada nyamuk / serangga baik saat siang ataupun saat sudah sore menjelang gelap.
  • Bawa sport cam atau pelindung handphone waterproof yang bisa digantung, sehingga lebih praktis dan tidak mengganggu mobilitas saat bermain ATV di Bali bersama keluarga.

Harga dan Operator ATV di Bali

Ada dua operator ATV di Bali yang kami pernah kami coba, yaitu operator ATV Kuber Bali Adventure di Ubud Gianyar, dan operator ATV Aussie Bali Adventure saat bermain di Tanah Lot Tabanan.

Untuk harga, karena kami main saat pandemi, jadi harga mungkin sedang promo dan tidak fixed ya — jadi pas mau main, coba cek lagi ke operatornya. Harga Kuber saat September 2020 itu Rp.650.000,-/ATV dan Rp.850.000,-/ATV tandem. Harga Aussie Bali Adventure saat Mei 2021 itu Rp.550.000,-/dewasa dan Rp.250.000,-/anak di atas 5 tahun. Keduanya sama-sama berdurasi 2 jam, termasuk asuransi, helm, dan makan siang/malam (nasi box gitu).

Air Terjun di Pantai Saat Bermain ATVSource: (c) SmellLikeHome.com

Kuber Bali Adventure

Address: Br Bayad, Melinggih Kelod, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80572
Phone: 0813-3922-3017
Location
Website

Aussie Bali Adventure

Address: Tibubiu, Kerambitan, Tabanan Regency, Bali 82161
Phone: +6285100944778 (Brendan)
Location
Website

 

Nah, gimana? Tertarik kah mencoba kegiatan petualanan satu ini?

Itu saja ulasan bermain ATV dari kami. Semoga bermanfaat!

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com