Syarat Naik Kapal Ferry ke Bali Terbaru
Transportation

Mau Roadtrip? Cek Dulu Syarat Naik Kapal Ferry ke Bali Terbaru

on
February 22, 2022

Sejak pandemi, banyak orang menghindari pesawat dan memilih naik mobil sendiri. Karena itu, syarat naik kapal ferry ke Bali menjadi penting untuk diketahui. Roadtrip dirasa lebih aman karena tidak harus berada dalam ruangan yang sama dengan orang lain — sehingga dipercaya untuk menghindari risiko penularan virus covid-19.

Bali sebagai salah satu tujuan wisata juga kedatangan wisatawan via jalur darat yang artinya harus menyebrang menggunakan kapan ferry baik dari Banyuwangi atau Lombok. Kali ini, kami akan bagikan beberapa tips dan syarat naik kapal ferry ke Bali dan juga cara beli tiket kapal ferry dari dan ke Bali terbaru.

Pengalaman ini kami bagi karena kami sempat roadtrip Bali – Jawa – Sumatera (Palembang) di bulan Oktober 2021. Semoga bermanfaat ya 🙂

Cara Beli Tiket Ferizy

Saat ini, pembelian tiket kapal ferry untuk hampir semua rute ASDP dilayani dan dilakukan secara ONLINE melalui website Ferizy, Alfamart, atau AgenBRILink. Jadi sejak pandemi, mereka HANYA menerima e-ticket, tidak lagi menjual tiket fisik di pelabuhan. Walaupun di dekat pelabuhan banyak kios-kios yang dapat membantu pembelian tiket secara online, tapi sebenarnya ini dapat kita lakukan sendiri dengan mudah.

AgenBRILinkSource: tribunnews.com

AgenBRILink

Melalui website Ferizy ini, kita bisa melakukan pembelian tiket kapal ferry dengan mengisi:

  • OOPS, sebelum cari jadwal kapal, lebih baik LOGIN/Bikin Akun dulu, karena nanti akan hilang data pencariannya saat disuruh Login.
  • isi nama pelabuhan keberangkatan dan tujuan,
  • jenis layanan (untuk beberapa rute ada pilihan express dan reguler),
  • jenis kendaraan,
  • pilih tanggal dan jam masuk pelabuhan (ini jadwal masuk kapal)
  • jumlah penumpang (ini sebenarnya gak mempengaruhi harga karena harga ditentukan berdasarkan golongan kendaraan)

Isi data ferizy tiket ferrySource: ferizy.com

Setelah memilih jadwal, kita akan diarahkan ke pembuatan akun dan pengisian form, termasuk data penumpang.

Pastikan data yang diisi benar, karena nanti bisa ditolak kalau ada perbedaan data di e-ticket dengan STNK / nama penumpang di surat vaksin, dll.

Bayar Tiket Kapal Ferry

Setelah form diisi, kita akan diarahkan ke pembayaran. Ada banyak banget pilihannya, mulai dari e-wallet, transfer bank dan pembayaran di minimarket. Tentunya, akan lebih mudah bila Anda memilih metode pembayaran online langsung saat transaksi.

TIPS:

Namun hati-hati bila baru membeli tiket saat di perjalanan karena ada kemungkinan sinyal selulernya hilang-hilangan (misalnya saat kami di tol Palembang-Lampung), maka lebih baik lakukan transaksi di tempat yang memiliki jaringan yang stabil sehingga transkasi bisa langsung selesai tanpa kendala.

Metode pembayaran Ferizy tiket ferrySource: ferizy.com

Setelah pembayaran berhasil, tiketnya akan dikirim ke email kita sesuai yang tertera di akun kita saat beli tiket tadi. SELESAIII.. gak susah kan yaa? 🙂

Tips dan Cara Beli Tiket Ferry Online

Tips Naik Kapal Ferry Bersama Anak KecilSource: (c) SmellLikeHome.com

Selain syarat naik kapal ferry ke Bali, kita juga perlu memperhatikan beberapa tips saat membeli tiket kapal ferry di Ferizy karena tentunya gak bisa asal-asalan juga, karena kalo terlambat bisa-bisa BETE nunggu di pelabuhan selama 3 jam deh (jadi curcol hehe). Jadi, ini tipsnya, guys:

  • Check-in mulai dari 2 jam sebelum jadwal masuk pelabuhan. Jadi pastikan kita memperhitungan waktu perjalanan dan tiba di pelabuhan paling tidak 2 jam sebelum jadwal di tiket, karena tiketnya akan hangus kali kita sampe di sana lewat dari jam masuk pelabuhan.
  • Siapkan data diri penumpang dan kendaraan terlebih dahulu, seperti nomor KTP dan nomor plat kendaraan, agar cepat saat melakukan pengisian data di website Ferizy. Karena kadang-kadang, siapa cepat dia dapat.
  • Perhatikan frekuensi dan durasi penyeberangan, misalnya, untuk penyeberangan dari Banyuwangi ke Bali selalu ada setiap 30 menit dan berlangsung selama 24 jam.
  • Pertimbangkan waktu tes antigen dan memasukan jadwal tes antigen dalam itenerary kalian
  • Data harus sama antara e-ticket, STNK, KTP, surat vaksin, dan data di pedulilindungi ya

Apa Saja Syarat Naik Kapal Ferry ke Bali ?

Selama pandemi ini, ada beberapa syarat naik kapal ferry ke Bali yang terus di-update sesuai dengan kebijakan pemerintah. Kita bisa mendapat informasi terbaru di website Ferizy. Berikut beberapa syarat naik kapal ferry ke Bali terbaru yang kami dapatkan :

  • Wajib download aplikasi pedulilindungi
  • Surat negatif RT antigen (1×24 jam) atau RT PCR (3×24 jam)
  • Wajib vaksin minimal dosis pertama
  • Anak-anak di bawah 12 tahun tidak wajib vaksin, tetap membawa surat negatif RT antigen atau RT PCR

Tips Naik Kapal Ferry Bersama Anak Kecil

Kailani baru naik kapal ferry saat berumur 3 tahun. Karena lagi pandemi gini, jadi kami tidak berani turun mobil selama di kapal. Jadi selama 30-60 menit, kami berada di mobil saja saat berada di kapal ferry. Ada beberapa tips naik kapal ferry bersama anak kecil yang bisa dicoba:

  • Diberitahukan sebelumnya, bisa dengan kasih lihat foto atau gambar kapal ferry.
  • Beritahu prosesnya terlebih dahulu, mulai dari mengantri masuk pelabuhan hingga harus menunggu di dalam mobil saat di ferry demi mengurangi risiko tertular virus covid-19.
  • Ke kamar kecil dulu di tempat peristirahatan terdekat sebelum sampai di pelabuhan.
  • Kalau bisa, waktu mengantri atau naik kapal ferry bersamaan dengan jam makan siang atau malam, sehingga bisa makan di dalam mobil, sehingga tidak terasa waktu berjalan, eh tahu-tahu sudah sampe 🙂
  • Bawa cemilan, mainan, atau buku untuk dinikmati saat berada di dalam ferry.
  • Buka seatbelt dari carseat anak sehingga mereka bebas berkeliaran di mobil saat berada di ferry (ya jelas lah ya ^-^)
  • Saat di ferry, bisa ke luar mobil mencari angin segar bila memungkinkan, misalnya bila mobil ternyata parkir di dek bagian atas sehingga bisa melihat pemandangan laut lepas.

Nah, sekian dulu dari kami. Jadi buat teman-teman sekalian yang berencana roadtrip ke Bali, silakan untuk memperhatikan syarat naik kapal ferry ke Bali di atas ya. Semoga informasinya bermanfaat dan tetap jaga protokol kesehatan selama perjalanan.

Cheers, Eko
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT