Pasar Malam di Bangkok dan Thailand
CityFood & DrinkThailand

Pasar Malam di Bangkok dan Thailand

By on September 5th, 2020

Thailand dikenal identik dengan pasar malam yang suasana dan street food yang sangat menggoda. Jadi buat kami pecinta street food, berkunjung ke pasar malam di Bangkok dan Thailand jadi menu wajib buat kami kunjungi selama ke Thailand. Berhubung banyak sekali pasar di Thailand, kali ini kami akan cerita khusus pasar malam di Bangkok dan Thailand — jadi, hanya pasar yang buka malam hari.

Pasar Malam di Bangkok dan Thailand Terbaik

Pak Chong Night Market Khao Yai

Pak Chong night market ini jadi pasar malam pertama yang kami kunjungi selama Thailand trip ini. Lokasinya dapat dicapai dengan berkendara sekitar 20 menit dari The Stay Khao Yai, tempat kami menginap. Pasar malam ini terletak di sisi jalan raya Kota Pak Chong, sehingga kita akan mudah melihat pasar malam memanjang di sisi kiri jalan raya (bila kita datang dari arah Khao Yai).

Thai Pork Minched Grill, JUARA !!!Source: (c) SmellLikeHome.com

Thai Pork Minched Grill, JUARA !!!

Berhubung ini pasar malam pertama kali yang kami datangi selama trip Thailand kami, saat turun dari mobil kami udah semangat banget tuh, dan siap-siap kalap. Tapi berhubung bawa anak-anak, tujuan utama kami adalah cari makanan berat dulu nih buat anak-anak makan malam, abis itu baru kami jajan-jajan. Di sini kami menemukan sebuah makanan yang bikin kami nambah-nambah terus dan anak-anak juga suka banget, yaitu grill minched pork (non halal ya hehe), makanan ini adalah daging babi cincang yang dipanggang dengan rasa agak manis jadi buat anak-anak pas banget karena lembut dan enak bangettt. Selain itu, di pasar ini juga kami mulai ketemu makanan-makan aneh bin ajaib, salah satunya adalahh.. ulat goreng :) Tapi kami gak coba sih haha..

Ulat Goreng Thai Street FoodSource: (c) SmellLikeHome.com

Ulat Goreng

Hua Hin Night Market

Pasar Malam selanjutnya yang kami kunjungi ada di Hua Hin night market. Jadi sebelum berkunjung ke Hua Hin night market ini, kami berkunjung ke Cicada Market Hua Hin yang lebih dikenal sebagai art market di mana banyak sekali penjual barang-barang art dan craft. Di Cicada market ini sebenarnya ada area makanan dengan area makan yang cukup nyaman, tapi buat kami suasananya kurang “pasar”, jadi tetap kami kekeuh pengen ke Hua Hin night market ini :)

Seafood di Hua Hin Night Source: (c) SmellLikeHome.com

Seafood di Hua Hin Night

Lokasi Hua Hin night market ini tidak jauh dari Hua Hin railway station dan berada di sepanjang jalan yang berubah jadi pasar di malam hari. Hal unik di Hua Hin night market ini adalah, kita cukup banyak menemukan penjual seafood (mungkin karena memang Hua Hin ini berlokasi dengan dengan pantai ya), jadi cocok banget buat yang pengen nyobain makanan seafood ala Thai. Selain makanan, di Hua Hin night market ini juga banyak penjual souvenir dan pakaian; tapi yang paling unik banyak juga tempat pijat dan refleksi kaki di sini lho, asik juga kan abis puas makan dan jajan langsung pijet : )

Cara ke Ratchada Night Market Bangkok

Selanjutnya, kami berkunjung ke pasar malam yang dikenal sebagai salah satu yang paling ramai dan banyak rekomendasi saat kami cari tahu tentang pasar malam di Bangkok, yaitu Talad Rot Fai Ratchada night market. Saat browsing-browsing sebelum berangkat, kami cukup banyak baca kalau Talad Rot Fai Ratchada night market ini salah satu yang wajib dikunjungi karena di sini ada banyak rekomendasi food stall dan souvenir bahkan ada live music.

Durian ThailandSource: (c) SmellLikeHome.com

Durian, Wajib Banget : )

Selain itu, yang membuat pasar malam ini menarik adalah lokasinya yang mudah di akses. Kita bisa turun di stasiun MRT Thailand Cultural Center, lalu berjalan kaki sedikit ke arah Esplanade Shopping Mall dan kita bisa langsung ketemu petunjuk atau antrian menuju pasar malam ini.

Nah sekarang baru cerita pengalaman kami ya hehe..Buat kami pasar malam ini cukup touristy, jadi sangat ramai oleh turis, bahkan saat masuk pun kita harus antri sebentar karena sudah terlalu padat oleh pengunjung. Selain itu, banyak sekali rombongon turis cina yang berkunjung ke sini, jadi kebayang kan ramainya seperti apa. Lalu harga baik makanan maupun souvenir di Talad Rot Fai Ratchada night market ini juga cukup tinggi dibanding pasar-pasar yang sudah kami kunjungi sebelumnya, mungkin karena banyak turis juga ya. Jadii buat kalian yang setipe dengan kami dan tidak suka tempat yang terlalu touristy mungkin tidak terlalu cocok ke sini.

Tapi seenggak cocoknya kami, tetep aja kami kalap 😀 Cuma ya itu, habisnya lebih dari yang sudah dibudgetkan :( Gpp deh ya, pembenarannya kan: “kapan lagi bisa ke sini?” hahahaha..

Tips ke Pasar Malam

Berikut ada beberapa tips dari kami buat teman-teman yang berencana explore pasar malam di Bangkok dan Thailand.

  • Hati-hati copet. Namanya juga pasar malam, udah pasti ramai dan banyak orang, jadi kita harus hati-hati dengan barang berharga kita seperti tas, dompet, handphone, dll. Kami sendiri biasanya sudah siapkan beberapa uang pecahan kecil di kantong yang mudah diambil, jadi tidak perlu buka tas atau dompet saat transaksi, dan tas juga dibawa di depan dan dipegang/dipeluk. Tips lain, kalau kita jalan berdua atau lebih, bisa diatur satu orang bawa uang dan bayar, sementara orang lain fokus bawa makanan dan jaga barang berharga (kasus kami, plus jaga anak) haha…
  • Hati-hati kalap (habis). Buat pecinta street food, apalagi makanan Asia, berkunjung ke pasar malam di Bangkok dan Thailand sudah pasti kalap alias semua mau dibelil. Beneran ini mah, gak bohong, gak lebay. Nah sebelum kalap, kita harus pilih juga nih vendor yang kira-kira enak yang mana, apalagi banyak makanan sejenis yang dijual di pasar malam ini. Tips memilih vendor atau makanan yang enak ini bisa dimulai dari antrian, semakin panjang antrian, (biasanya) semakin enak itu makanan. Lalu kita juga jangan kelamaan pilih, karena belum tentu pas balik lagi, makanan di vendor itu masih ada. Kami beberapa kali menyesal karena sering pikir, “Ok, itu ketan mangga beli nanti aja buat dessert, abis makan malam” eh pas balik lagi itu ketan mangga udah abis donggg HUHUHUUU. Jadi kl ada yang menarik, beli aja dulu ya, urusan makannya kapan, bisa diatur belakangan :)
  • Hati-hati boros. Buat kalian traveler yang stick to the budget (seperti kami) lebih baik sudah siapkan uang tunai sesuai budget (plus sedikit lebih untuk jaga-jaga) agar tidak kalap, lalu malah jadi over-budget saat belanja. Karena walaupun terlihat murah-murah, tapi kalap juga bisa bikin uang yang keluar untuk makan di pasar malam jadinya lebih banyak dibanding makan di restoran lho. Nah, kalo udah siapin uang tunai segitu, kalo habis ya habis, gak bisa makan lagi hahaha..
  • Hati-hati hilang. Bila berkunjung ke pasar malam dalam rombongan atau keluarga, sebaiknya kita menentukan waktu dan titik berkumpul. Kita bisa mencari titik kumpul yang mudah dilihat dan dicari, terutama bila kita kehilangan arah, sehingga kita bisa mudah bertanya ke orang sekitar. Selain itu, bila berkunjung bersama anak-anak, pastikan juga mereka selalu bersama kita (dan digandeng yaaa) dan bila dirasa sudah terlalu padat, kita bisa menyingkir sedikit ke area yang agak sepi agar anak-anak tetap nyaman (alias bisa napas) hahaha..

Begitu cerita pengalaman kami selama explore pasar malam di Bangkok dan Thailand. Semoga informasinya bisa bermanfaat ya.

Cheers, Eko

 

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Our Adventure in Picture


This error message is only visible to WordPress admins

Error: API requests are being delayed. New posts will not be retrieved.

There may be an issue with the Instagram access token that you are using. Your server might also be unable to connect to Instagram at this time.

Error: API requests are being delayed for this account. New posts will not be retrieved.

There may be an issue with the Instagram access token that you are using. Your server might also be unable to connect to Instagram at this time.

Our Latest Spotify Podcast

(c) Smell Like Home, 2020.

Any unauthorized use, sharing, copy, editing, reproduction, or distribution without permission is strictly prohibited by law. Violation of any of these agreements will result in the law enforcement.

Chinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesian

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com