Serunya Travel Semarang Jakarta
CityJava

Serunya Travel Semarang Jakarta Jaman Now

By on October 11th, 2021

Sejak ada tol antara Jakarta dan Semarang, Semarang telah menjadi salah satu tujuan favorit orang-orang di Jakarta — begitu juga sebaliknya — untuk melepas penat setelah bekerja. Dengan akses yang sudah menjadi begitu mudah, travel Semarang Jakarta dapat dilakukan dalam 5 jam saja lewat tol! Nah, apa saja serunya travel Semarang Jakarta di jaman now?

What to Do in Semarang

Alasan lain yang paling penting dan seru untuk travel Semarang Jakarta adalah banyaknya hal yang dapat dilakukan dan dilihat di Semarang. Beberapa list yang wajib dilihat dan dikunjungi adalah:

Lawang Sewu

Sebuah landmark Semarang sejak jaman Hindia Belanda, yang dikenal dengan suasana mistisnya. Bila Anda termasuk pemberani, Anda bisa mengikuti tour ke dalam gedung ini. Saya ingat ketika saya menunggu teman saya yang tour jam 12 malam, menunggu di luar saja udah merinding apalagi masuk ke dalam, ya? 😀

Lawang Sewu SemarangSource: unsplash.com

Sam Poo Kong Temple

Disebut juga Gedung Batu Temple, merupakan klenteng Tiongkok tertua di Semarang. Temple ini didirikan oleh Zheng He, seorang Chinese Muslim, sekitar tahun 1400-1416, dan sudah menjalani berkali-kali renovasi hingga tahun 2005.

Kota Lama Semarang

Bagian unik dari Kota Semarang yang berisi bangunan-bangunan kuno dengan nuansa kental kolonial, yang dapat menjadi spot foto yang unik dan menarik untuk penanda kunjungan ke kota ini.

Tugu Muda Semarang

Monumen peringatan pertarungan 5 hari antara pejuang Semarang dengan pihak Jepang pada Oktober 1945.

Kampung Pelangi

Kampung lokal dengan dekorasi cat warna warni.

Grand Maerakaca

Pusat rekreasi berupa taman mini Jawa Tengh, di mana kita bisa belajar budaya Jawa Tengah, menjelajah hutang mangrove, berkeliling melihat miniatur Laut Jawa dengan perahu, naik kereta mini melihat anjungan, mengunjung Jateng Science Center, beraktivitas seru dengan aktivitas fisik di outbond, dll.

Travel Semarang Jakarta via Tol

Perjalanan darat dapat menjadi bagian yang menyenangkan tersendiri dalam sebuah trip, baik dilakukan bersama teman-teman maupun keluarga. Saya ingat, ketika saya kecil, roadtrip bersama keluarga dengan mobil adalah saat yang selalu saya tunggu-tunggu saat liburan. Kami sendiri sudah melakukan beberapa roadtrip bersama Lala ke Taman Nasional Baluran dan Ijen, Flores, juga di Thailand.

Perjalanan menjadi jauh lebih cepat

Nah, sejak ada tol, perjalanan travel Semarang Jakarta juga sudah menjadi jauh lebih cepat. Bila dulu bisa memakan waktu hingga 15 jam, sekarang hanya membutuhkan waktu 5 jam saja. Belum lagi ditambah banyaknya pilihan transportasi, seperti mobil travel Semarang Jakarta, sehingga kita tidak perlu lagi capek menyetir sendiri. Asal utamakan selamat dan happy selama di jalan, pilihan apa pun tidak menjadi masalah.

Banyak tempat peristirahatan dengan fasilitas lengkap

Tol Semarang-Jakarta juga sudah dilengkapi beberapa tempat peristirahatan dengan fasilitas yang lengkap. Tidak hanya toilet gratis dan pom bensin, tempat peristirahatan ini pun banyak dilengkapi dengan restoran atau tenant makan, minimarket, hingga beberapa makanan atau minuman dengan merek ternama seperti Starbucks, dll.

Kemarin, saat kami roadtrip di Oktober 2021, ada Rest area 260B ex. Pabrik Gula Banjaratma yang unik di mana ada reruntuhan bekas fasilitas pabrik gula yang masih dibiarkan dan sekarang menjadi objek foto yang cukup unik pagi pengunjung, termasuk kami.

Ex Pabrik gula Banaratma rest area unik semarang jakartaSource: (c) SmellLikeHome.com

Bonus: Tips agar anak betah di mobil selama roadtrip

Melakukan perjalanan darat memang dapat menjadi membosankan untuk anak-anak. Namun, belakangan ini kami menemukan salah satu tips yang mungkin juga dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian, yaitu, alih-alih mendengarkan radio atau lagu di Spotify, kami memasang podcast Dongeng Anak Masa Kini yang dibawakan dengan sangat menarik hingga Lala dan Kai selalu betah mendengarkannya. Yang kami suka, konten podcast berisi banyak sekali jenis dongeng yang bisa dipilih, mulai dari fabel (dongeng dengan tokoh binatang), dongeng dalam negeri (misalnya, asal usul Danau Toba, dll.), dongeng klasik (seperti Pinokio atau Robinhood), hingga dongeng luar negeri (misalnya, tentang Goblin atau Putri Teratai dari Korea Selatan).

Dapat dilakukan saat weekend

Karena perjalanan yang terhitung singkat, perjalanan dari Jakarta ke Semarang ataupun sebaliknya dapat dilakukan pada saat akhir pekan ataupun bila ada liburan kejepit. Maka itu, tidak heran saat kami berkunjung ke Semarang, kota ini pun dipenuhi plat mobil B yang memenuhi pusat kota dan tempat oleh-oleh khas Semarang.

Dengan begitu banyaknya tempat yang dapat dikunjungi dan hal yang dapat dilakukan di Semarang, termasuk menjajal kuliner khas Semarang, maka perjalanan singkat dapat menjadi menyenangkan.

Oleh oleh khas Semarang

Bila ke Semarang, tidak sah rasanya bila tidak membawa buah tangan atau oleh oleh khas Semarang. Salah satu oleh-oleh yang kami bawa untuk Mama di Bandung adalah bandeng presto, yang dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh di Semarang, yang banyak berjejer di Jalan Pandanaran. Memang, tergantung pada merek dan kualitasnya, namun rata-rata harga per kilonya seratus hingga seratus lima pulih ribu rupiah.

Bandeng Presto oleh oleh khas SemarangSource: (c) SmellLikeHome.com

Selain bandeng presto, masih banyak oleh oleh khas Semarang lain yang dapat dibawa pulang, seperti wingko babat, kue moaci / mochi, hingga batik atau kopi khas Semarang.

Kuliner Khas Semarang yang Terkenal

Salah satu daya tarik khas kota Semarang yang sudah diketahui banyak orang adalah makanan khasnya. Selama ‘transit’ sebentar, makanan atau kuliner khas Semarang yang sempat kami coba adalah Nasi Ayam Bu Pini di area Kota Lama, yang walaupun kecil porsinya, tapi rasanya enak. Harga nasinya sendiri adalah Rp.10.000,- saja per porsi, dan dapat dibuat versi tidak pedas untuk anak-anak. Isinya ada nasi putih dengan ayam suwir, telur rebus dan tahu bacem, sayur labu, krecek, dan kuah ayam opor kuning yang gurih.

Nasi Ayam Bu Pini Semarang kuliner khas semarangSource: (c) SmellLikeHome.com

Selain itu, kami juga tadinya berencana membeli lumpia semarang titipan Mama (karena kalo saya sendiri kurang suka karena tidak terbiasa dengan bau rebungnya yang menyengat hehe). Setelah melakukan riset singkat, kami meluncur ke Loenpia Mbak Lien untuk membeli bungkus, namun ternyata, kalo mau harus antri nunggu 45 menit setelah pesan, sodara2! Karena kami harus bergegas jalan kembali, gak jadi deh. Jadinya kami mencari tempat lain di dekat sana, dan membeli lumpia goreng dan lumpia basah, harganya Rp.12.000,- per satuannya.

Lumpia Semarang makanan khas

Selain yang sudah disebut di atas, nasi goreng babat juga tampaknya menjadi favorit. Mungkin nanti setelah kami mencoba banyak kuliner khas Semarang, kami baru membuat artikel terpisah yang membahasnya secara khusus ya :)

 

Nah, itulah beberapa hal seru travel Semarang Jakarta yang bisa kami sampaikan. Bila ada teman-teman yang memiliki ide lain untuk dilakukan saat traveling ke Semarang, monggo masih masukan buat kami lewat kolom komentar di bawah ya, siapa tahu bisa masuk ke list kami berikutnya dan membantu teman-teman lain yang ingin berkunjung ke Semarang :)

XO, Diana
TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

Powered by themekiller.com anime4online.com animextoon.com apk4phone.com tengag.com moviekillers.com